BerandaNewsPolhukamPB SEMMI Desak Copot Direktur Bea Cukai, Bentuk Satgas Demi Pulihkan Keuangan...

PB SEMMI Desak Copot Direktur Bea Cukai, Bentuk Satgas Demi Pulihkan Keuangan Negara Menguap

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Direktorat Jenderal Bea Cukai (Ditjen BC) Kementerian Keuangan.

Aksi ini diklaim sebagai bentuk keseriusan PB SEMMI yang tengah menyoroti penguapan pendapatan negara yang terjadi di lingkungan Direktorat Jenderal Bea Cukai (Ditjen BC) itu.

“Berbagai macam pelanggaran sudah lama terjadi di lembaga ini, sudah lama disorot publik tapi sampai saat ini belum ada pembersihan secara menyeluruh,” kata orator aksi PB SEMMI, Achmad Donny seperti dikutip Holopis.com, Selasa (28/5).

Donny yang juga Bendahara Umum PB SEMMI tersebut menjelaskan, bahwa berbagai macam modus oknum pegawai hingga pejabat teras Bea Cukai di berbagai wilayah diduga melakukan aktivitas ilegal bersama mafia, mulai dari penyeludupan barang bekas atau second, rokok ilegal tanpa pita cukai, minuman alkohol (Mikol), hingga pendaftaran IMEI (International Mobile Equipment Identity) secara ilegal rata terjadi di semua wilayah Indonesia.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Ini tentunya sangat merugikan negara,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu pula, Donny menyampaikan bahwa berbagai deretan peristiwa viral seperti ; kasus sepatu, hibah alat belajar untuk SLB, mainan Megatron, peti jenazah, dan beberapa hal yang sempat viral. Ia mengatakan bahwa itu semua hanya sedikit dari banyak dugaan permainan dan pelanggaran yang terjadi pada Ditjen Bea Cukai.

Oleh sebab itu, PB SEMMI pun mendorong agar dibentuk Satgas khusus untuk melakukan investigasi dan penyelidikan mendalam atas adanya dugaan praktik mafia di tubuh Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan itu.

“Ini menandakan secara kelembagaan, lembaga ini sudah rusak, perlu diperiksa dan perlu diperbaiki total. Kami yakin, jika dibentuk Satgas melibatkan aparat, DPR, dan kelompok masyarakat, permainan gelap mereka akan terbongkar, dan pendapatan negara yang selama ini menguap akan bisa dipulihkan,” tukasnya.

Di sisi lain, Donny juga mendorong agar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati segera mencopot Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu, Askolani dan Kepala Bea Cukai di beberapa daerah yang bermasalah, agar bisa dilakukan investigasi dan penelusuran lebih dalam terkait dengan apa yang diangkat PB SEMMI hari ini.

“Karena kami meyakini bahwa uang negara yang menguap ketika dipulihkan akan banyak memberikan manfaat kepada masyarakat. Maka dari itu penting untuk presiden segera mengintervensi lembaga ini agar diperiksa secara keseluruhan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Apresiasi Tinggi untuk Densus 88 di Balik Pertobatan JI

Khoirul Anam mengapresiasi Densus 88 Anti Teror Mabes Polri yang dinilainya berhasil mengukir sejarah baru dengan menyadarkan kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) untuk membubarkan diri dan kembali ke pangkuan NKRI.

Megawati Kesel ke Yasona Akibat Banyak Kader PDIP Jadi Target

Menkumham Yasonna H Laoly kena semprot Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri atas kinerjanya selama ini.

Tantang Penyidik KPK, Megawati Bakal Bawa Pasukan

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meradang dengan tindakan KPK yang telah memeriksa anak buahnya Hasto Kristiyanto.

Megawati Pusing Liat Ulah Hasyim Ashari

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ikut menanggapi skandal seksual yang dilakukan eks Ketua KPU Hasyim Ashari.

Megawati Kesal dengan Jokowi

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kembali memberikan kritik terbuka kepada Presiden Jokowi (Joko Widodo) dalam menjalankan pemerintahan.

Ganjar dan Ahok Dilantik Jadi Ketua DPP PDIP, Puan : Isi Jabatan Kosong

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar Pranowo dan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok mengisi jabatan strategis di partai tersebut.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS