Demokrat Sarankan Arsul Sani Pikir Ulang Ikut Sidangkan Sengketa PHPU Pileg

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Benny Kabur Harman menyarankan agar Arsul Sani berpikir ulang untuk ikut terlibat di dalam persidangan sengketa hasil Pileg 2024.

“Apa benar Hakim MK Arsul Sani ikut menyidangkan perkara sengketa Pileg PPP di MK? Jika benar, saya menghimbau yang terhormat Pak Arsul Sani untuk pikir ulang,” kata Benny dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (29/4).

Menurutnya, keterlibatan Arsul Sani jelas akan bertentangan dengan konflik kepentingan. Apalagi, ia merupakan jebolan dari PPP sebelum menjadi hakim MK usulan DPR RI.

“Ini jelas amat telak melanggar UU, sarat konflik kepentingan, melanggar kode etik yang berlaku universal untuk para hakim,” ujarnya.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Juru Bicara MK, Fajar Laksono mengatakan bahwa Arsul Sani bakal ikut menyidangkan sengketa hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) di Mahkamah Konstitusi.

Menurut Laksono, keterlibatan Arsul Sani dalam menyidangkan sengketa yang bakal dilayangkan oleh PPP tersebut tidak melanggar aturan.

“Tidak apa-apa,” tegas Fajar, Minggu (28/4).

Bahkan ia menegaskan jika MK akan tetap melibatkan Arsul Sani sekalipun yang bersangkutan sempat menyatakan tak bersedia terlibat dalam penanganan perkara sengketa Pileg 2024 dari PPP.

“Boleh (terlibat sidang). Meskipun dulu dia kader PPP, sekarang dia sudah jadi hakim dan sudah disumpah,” terangnya.

Sekilas diketahui, bahwa PPP tengah mengajukan gugatan PHPU Pileg (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Pemilihan Legsilatif) untuk Pemilu 2024. Tak tanggung-tanggung, partai berlambang Kakbah tersebut mengajukan 24 daerah dalam sengketa PHPU tersebut.

Sementara, berdasarkan hasil perhitungan rekapitulasi suara nasional yang dilakuakn KPU RI, PPP hanya mendapat 5.878.777 atau 3,87 persen dari total suara sah nasional sebesar 151.796.631 suara. Yang artinya, PPP tidak lolos duduk ke Senayan jika merujuk pada hasil tersebut.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

PPP Akhirnya Tergoda Pemerintahan Prabowo-Gibran

PPP semakin memberikan sinyal kuat untuk bergabung ke pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

PPP Klaim Sandiaga Uno Ogah Maju Pilkada

PPP menyebut bahwa Sandiaga Uno belum pernah menjalin komunikasi dengan internal partai untuk maju di Pilkada 2024.

Takut Lawan Ridwan Kamil, Sandiaga Uno Ogah Maju Pilgub Jabar

Sandiaga Uno mengakui bahwa dirinya tidak akan mampu menghadapi Ridwan Kamil apabila maju dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

Hamzah Haz Wafat, PPP Instruksikan Kader Gelar Salat Gaib dan Tahlil

Senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga Wakil Presiden ke-9 RI, Hamzah Haz meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Rabu (24/7).

Cak Imin Belum Minat Maju Pilkada 2024

Ketua Umum DPP PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengapresiasi tawaran dari PPP untuk mendukungnya jika maju dalam Pilkada 2024.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Bologna Pastikan Calafiori Tinggalkan Klub

Bologna telah memastikan bahwa Riccardo Calafiori akan meninggalkan klub di bursa transfer pemain musim panas ini. Hal tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh CEO Bologna sendiri yakni Caludio Fenucci.