Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jelang Pilkada, Jokowi Bakal Briefing Seluruh Kepala Daerah di IKN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) dijadwalkan akan melakukan rapat koordinasi dengan Kepala Daerah seluruh Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Kepala Sekertariat Presiden, Heru Budi Hartono menjelaskan, rapat tersebut rencananya akan digelar seusai rapat kabinet.

“Iya, 13 Agustus gubernur se-Indonesia dikumpulkan, pj gubernur, oleh Pak Presiden,” kata Heru Budi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (6/8).

Heru mengungkapkan, rencanannya Jokowi akan menekankan netralitas pada Pilkada Serentak 2024 kepada seluruh kepala daerah yang hadir.

“Pengarahan macam-macam, ada tahapan proses pilkada, wilayah masing-masing harus aman, menjaga netralitas. Lantas juga bisa merealisasikan kegiatan-kegiatan RPJPD, rencana pembangunan jangka pendek daerah, banyak,” jelasnya.

Rapat itu pun ditambahkan Budi, akan dibagi dalam dua sesi sesuai dengan tingkatan kepala daerahnya.

“Pertama adalah bupati-wali kota jam 9 pagi. Setelah itu jam 10 dilanjutkan (dengan) para gubernur. Tentunya memberikan pengarahan kepada bupati, wali kota, dan gubernur,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal menggelar sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin, 12 Agustus 2024 mendatang.

Kabar tersebut sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono.

“Tanggal 12 (Agustus 2024), Tanggal 11 beliau (Presiden Jokowi) ke sana (IKN), nanti tanggal 12 direncanakan untuk sidang kabinet di sana,” kata Basuki dalam keterangannya Kamis (1/8).

Di sela kunjunganya ke IKN, kata Basuki, Presiden Jokowi juga akan melakukan groundbreaking, dimana dalam kesempatan tersebut turut diundang juga kepala daerah setempat.

“Ya antara itu, kan beliau dari tanggal 11, 12, 13, 14 pulang jadi di hari-hari kira-kira ada groundbreaking juga,” kata dia.

“Karena tanggal 13 nya enggak tahu ini bocoran apa enggak ya, mudah-mudahan ya open aja, tanggal 13 itu ngundang gubernur juga bupati, wali kota,” kata Basuki.

Adapun terkait dengan sarana dan prasarana di IKN, Basuki memastikan pihaknya sudah berusaha maksimal menyiapkan kebutuhan yang diperlukan untuk sidang kabinet yang nantinya akan dihadiri oleh para menteri di Kabinet Indonesia Maju jilid II.

“Ya minimal ya, jalan sekitar kawasan Istana Negara Garuda sudah selesai,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bawaslu Wanti-Wanti Anak Abah Tidak Rusak Pesta Pilkada

Bawaslu RI merespon ancaman gerakan anak abah atau para pendukung Anies Baswedan untuk mencoblos semua pasangan calon di Pilkada Jakarta.

Pengamanan Pilkada 2024 Dilakukan di Masing-masing Polda

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas...

Marak Kotak Kosong di Pilkada 2024, Jokowi : Itu Proses Demokrasi!

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi maraknya fenomena kosong dalam gelaran Pilkada Serentak 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru