HOLOPIS.COM, PAPUA – Satgas Damai Cartenz membenarkan bahwa pihaknya telah berhasil menembak mati seorang anggota kelompok teroris Papua.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani menjelaskan, anggota teroris Papua yang telah tewas tersebut bernama Basoka Lawiya alias Masyarakat Kogoya.

“Kami merespons dan melakukan pengejaran hingga berhasil menembak mati satu anggota KKB atas nama Basoka Lawiya alias Masyarakat Kogoya,” kata Faizal dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (22/5).

Basoka diketahui merupakan ajudan dari pimpinan teroris atau OPM (Organisasi Papua Merdeka), Undius Kogoya. Pria tersebut tewas saat baku tembak dengan aparat TNI-Polri di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

Baku tembak itu tidak lepas saat aparat melakukan pengejaran terhadap Undius Kogoya menyusul teror penembakan oleh kelompok tersebut. Selain meneror warga, KKB juga membakar sejumlah kios hingga gedung sekolah SD dan SMP di Paniai Timur.

“Dalam peristiwa pembakaran sejumlah bangunan kios hingga sekolah, KKB juga melakukan penembakan terhadap masyarakat sipil dan aparat keamanan,” tegas Faizal.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Bayu Suseno mengungkapkan, dari penyisiran yang dilakukan petugas, ditemukan barang bukti berupa satu buah magasin dan teleskop, serta tiga unit hand phone.

“KKB pimpinan Undius Kogoya merupakan kelompok KKB dari wilayah Intan Jaya yang sejak beberapa waktu lalu hingga saat ini melakukan aksi gangguan keamanan di Kabupaten Paniai,” jelas Bayu.