Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ramadan 2022 Tak Barengan, Mahfud MD Puji Umat Islam

JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD memuji umat Islam yang tengah mengalami perbedaan terkait penetapan awal Ramadan 1443 H.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang melakukan Puasa serentak, kali ini beberapa kelompok memilih berbeda karena pertimbangan dan dasar masing-masing.

“Indahnya Islam. Diskusi mulainya berpuasa terkait hisab dan rukyat menandakan bahwa kaum muslimin ingin beribadah dengan baik dan sungguh-sungguh,” kata Mahfud MD, Sabtu (2/4).

Sekedar diketahui, bahwa kalangan Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa tanggal 2 April 2022 adalah 1 Ramadan 1443 H, sehingga seluruh umat Islam yang menjadi bagian dari keluarga besar organisasi Islam bentukan KH Ahmad Dahlan itu mulai berpuasa Ramadan hari ini.

Selain Muhammadiyah, DPP Front Perjuangan Islam (FPI) dan beberapa kelompok organisasi Islam lain juga memilih hari Sabtu sebagai awal Ramadan. Karena berdasarkan rukyatul hilal yang dilakukan tim Lajnah Falakiyah FPI meyakini sudah melihat Hilal Ramadan dengan posisi yang sudah masuk dalam kategori.

Sementara itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), kemudian Pengurus Pusat Persatuan Islam (Persis) dan beberapa organisasi Islam lainnya memilih pertama kali puasa pada tanggal 3 April 2022.

Kemudian, rekomendasi mereka juga sejalan dengan hasil keputusan Kementerian Agama Republik Indonesia melalui hasil kajian tim Falakiyah dan BMKG, bahwa kesemua tim rukyatul hilal bil fi’li menyatakan tidak melihat hilal, sehingga keputusannya adalah menggenapkan bulan Sya’ban menjadi 30 hari atau yang biasa disebut istikmal.

Diterangkan Mahfud, tidak ada kesalahan yang ditimbulkan dari perbedaan tersebut. Keduanya memiliki dasar yang kuat dan tujuannya adalah untuk memaksimalkan keyakinan dalam beribadah.

“Keduanya benar dan mendapat pahala. Keinginan beribadah dengan baik inilah yang memajukan IPTEK dalam dunia Islam seperti astronomi,” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Massimo Meregalli Kaget Fabio Quatararo Mampu Taklukan Ban Jenis Baru

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Tim Monster Energy Yamaha, Massimo...

Menu Takjil Khas Arab Saudi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Takjil atau menu berbuka puasa merupakan...

Arus Balik Mudik 2022, Beberapa Bandara Terpantau Ramai Terkendali

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Arus balik mudik 2022 sudah dimulai...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru