HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Penegakan Hukum Korlantas Mabes Polri, Brigjen Pol Raden Slamet Santoso menyampaikan bahwa diskon tol sebesar 20 persen akan mulai berlaku pada tanggal 3 April 2024 besok.

“Diskon 20 persen di seluruh jalan tol mulai dari tanggal 3 (April) besok pagi jam 05.00 WIB,” kata Brigjen Pol Slamet dalam keterangannya di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (2/4) seperti dikutip Holopis.com.

Ia menyampaikan bahwa diskon tarif tol tersebut akan berlangsung dalam 2 (dua) klaster waktu, yakni klaster pertama di 3-4 April 2024, kemudian klaster kedua adalah di tanggal 17 – 19 April 2024.

Potongan tarif tol tersebut diberlakukan untuk mengantisipasi membludaknya pemudik dalam waktu yang bersamaan. Sehingga dengan demikian, para pemudik bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan perjalanan, baik arus mudik maupun arus balik.

“Diharapkan bisa adanya pemerataan mudik maupun balik dan tidak menumpuk pada satu waktu pada puncak mudik dan puncak balik,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa puncak mudik kemungkinan besar akan terjadi pada tanggal 7,8 dan 9 April 2024. Apalagi berdasarkan penjelasan Presiden Joko Widodo melalui data riset yang disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, potensi arus mudik tahun 2024 mencapai 190 juta penduduk.

Dengan kebijakan ini, Slamet pun berharap agar arus mudik maupun arus balik dapat dipecah sehingga tidak terjadi penumpukan di jalan tol.

“Kebetulan (kebijakan) ini sekarang sudah lebih awal, semoga ini jauh lebih efektif,” pungkasnya.