Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Diperiksa KPK, Politikus PDIP Sudin Jelaskan Anggaran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Sudin mengaku memberi penjelasan kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait anggaran dan pengawasan selaku mitra kerja dari Kementerian Pertanian RI.

Hal itu disampaikan Sudin usai menjalani pemeriksaannya sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dkk,  (15/11).

“Mengenai anggaran dan pengawasan saja, itu saja. Saya sudah jelaskan ke penyidik,” ujar Sudin sesaat meninggalkan gedung KPK, Jakarta, seperti dikutip Holopis.com.

Selain Sudin, penyidik KPK pada hari ini juga menjadwalkan pemeriksaan kepada empat saksi lainnya. Mereka atas nama Ali Jamil selaku Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementan Ali Jamil; Kabag Umum PSP Kementan Jamil Baharudin; ajudan SYL, Panji Harjanto; dan Kapoksi Substansi pada Direktorat Pembiayaan Ditjen PSP Kementan Anis.

“Yang lain nanti tanyakan ke penyidik. Coba tanya penyidik sudah saya jawab,” imbuhnya.

Diketahui, Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebelumnya dijerat tersangka oleh KPK atas dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian. Syahrul dijerat bersama dua pejabat Kementan lain, yakni Direktur Mesin dan Alat Pertanian Muhammad Hatta dan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono.

KPK memproses hukum SYL atas kasus dugaan pemerasan, penerimaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).
Para tersangka disangkakan melanggar Pasal 12 huruf e dan Pasal 12 huruf B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.  SYL juga dijerat dengan Pasal 3 dan atau Pasal 4 UU 8/2010 tentang TPPU. Para tersangka sudah ditahan KPK.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru