back to top

BNPB Klaim Bakal Terus Lakukan Pendampingan Korban Longsor di Tana Toraja

Lainnya :

HOLOPIS.COM, SULSEL – BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengklaim siap menjalankan arahan dari Pemerintah Pusat perihal penanganan bencana di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Sekretaris Utama BNPB, Rustian mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan beberapa arahan dalam masa penanganan tanggap darurat khususnya dalam pemenuhan kebutuhan dasar bagi warga terdampak.

“BNPB telah mendirikan sejumlah tenda keluarga untuk 22 KK yang tempat tinggalnya terdampak longsor. Tenda keluarga ini dapat dimanfaatkan sebagai hunian sementara,” kata Rustian dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (20/4).

Setiap tenda dilengkapi dengan alas, matras, kasur lipat dan selimut. Tenda-tenda didirikan di halaman gereja dan rumah penduduk yang posisinya lebih aman.

Selain tenda keluarga, BNPB juga memberikan bantuan sembako untuk beberapa hari ke depan bagi warga terdampak. Pemenuhan kebutuhan dasar ini juga didukung paket makanan siap saji dan hygiene kit.

Memasuki masa transisi darurat ke pemulihan, Rustian mendorong Pemerintah Kabupaten Tana Toraja untuk segera melakukan pendataan dan pencarian terkait lahan yang akan digunakan untuk relokasi.

“Segera dipastikan jika ada tanah dari Pemkab atau tanah milik masyarakat yang layak dibangun, harus ada kajian dari Dinas Pekerjaan Umum dan rekomendasi dari Badan Geologi karena prinsip penanggulangan bencana haruslah built back better,” ujarnya.

Rustian menambahkan, selama menunggu rekomendasi relokasi bagi warga terdampak, masyarakat akan mendapatkan bantuan berupa dana tunggu sebesar 500 ribu rupiah per bulan.

BNPB juga memberikan bantuan dukungan operasional berupa Dana Siap Pakai (DSP) sebesar 250 juta rupiah kepada Pemerintah Kabupaten Tana Toraja. Dana ini dapat dipergunakan untuk operasioanl penanganan darurat bencana, salah satunya adalah pembangunan jembatan darurat.

Kepada pemerintah kabupaten, Rustian mengatakan BNPB akan terus melakukan pendampingan guna mempercepat proses transisi darurat ke pemulihan.

“Pemerintah Kabupaten tidak perlu khawatir karena BNPB akan mendampingi, mulai dari Deputi, para direktur hingga staff diturunkan hingga tahap rehabilitasi dan rekonstruksi”, tambah Rustian.

Rustian pun mengaku juga telah menyerahkan bantuan peralatan dan logistik kepada Pemerintah Kabupaten Tana Toraja guna penanggulangan bencana antara lain tenda keluarga, tenda pengungsi, velbed, light tower, genset, pompa alkon, penjernih air, gergaji mesin, dan senter evakuasi.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Playoffs NBA : Milwaukee Bucks Kandas Usai Disikat Indiana Pacers 120-98

Milwaukee Bucks harus angkat koper dari kompetisi NBA musim 2023/2024, setelah kandas di tangan India Pacers pada gim keenam Playoffs NBA yang berkesudahan 120-98. Giannis dkk gugur dengan skor 4-2 dalam sistem best of 7.

TERPOPULER

Rekomendasi :