BerandaNewsEkonomiPegadaian Masih Tunggu Aturan OJK untuk Buka Layanan Bank Emas

Pegadaian Masih Tunggu Aturan OJK untuk Buka Layanan Bank Emas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Pegadaian (Persero) berencana untuk memperluas cakupan layanannya, dengan membuka layanan bank emas atau bullion service. Namun rencana itu masih terhambat oleh penyusunan regulasi yang belum rampung dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PMVL) OJK Agusman membenarkan terkait hal tersebut.

Dia mengatakan, bahwa saat ini pihaknya masih mengumpulkan masukan dari publik untuk menyusun regulasi terkait bank emas Pegadaian tersebut, yang nantinya akan diterbitkan dalam bentuk Peraturan OJK (POJK).

“Iya betul kami sedang menyiapkan peraturan OJK tentang usaha bullion. Sekarang sedang minta masukan dari publik,” katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip Holopis.com, Minggu (11/2).

Agusman menjelaskan, bahwa POJK tentang bank emas tersebut merupakan amanah dari Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) Nomor 4 Tahun 2023 yang memang harus dijalankan.

Meski demikian, ia masih belum bisa memberikan kepastian terkait waktu atau jadwal pengesahan POJK bank emas di perusahaan pelat merah RI tersebut.

“Intinya (POJK tentang bank emas Pegadaian) sedang kita siapkan, termasuk dengan minta masukan dari publik. Kalau ada update nanti kita informasikan, sehingga masyarakat luas bisa tahu,” ujarnya.

Sebagai informasi Sobat Holopis, rencana pembukaan layanan bank emas atau yang sering juga disebut bullion service oleh PT Pegadaian ini sejatinya telah bergulir sejak pertengahan tahun 2022 lalu.

Adapun layanan terkait bullion ini akan tersaji dalam tiga bisnis baru, yakni dore financing, gold metal loan, dan unallocated account.

Untuk bisnis dore financing dilakukan beberapa pemain industri emas di Sulawesi. Produk ini nantinya akan menyalurkan pinjaman uang tunai dengan jaminan dore atau produk emas yang belum jadi.

Sementara untuk bisnis unallocated account akan memungkinkan nasabah untuk menabung emas layaknya deposito yang nantinya bisa mendapat imbal hasil.

Terakhir yakni gold metal loan merupakan fasilitas kredit dimana nasabah bisa meminjam logam emas dengan sumber emas berasal dari unallocated loan.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0