Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizPKS: Utang Pemerintah ke BUMN Harus Dibayar!

PKS: Utang Pemerintah ke BUMN Harus Dibayar!

JAKARTA, HOLOPIS.COM Total utang Indonesia per Maret 2022 mecapai Rp 7.052 triliun. Akibatnya, beban APBN ke depan akan lebih berat untuk menopang keuangan negara.

Diketahui, pemerintah ternyata juga memiliki utang ke sejumlah BUMN yang angkanya mencapai ratusan triliun rupiah.

Menanggapi hal itu, Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini menegaskan, pemerintah harus bertanggungjawab melunasi utang-utang tersebut, baik utang di luar negeri maupun kepada BUMN.

“Utang kepada luar negeri harus dibayar, utang kepada BUMN juga, BUMN-BUMN ini kan kalau untung juga buat masuk ke APBN. Tinggal dipercepat saja gimana cara hitungnya,” tegas Jazuli, Rabu (27/4).

Cara ampuh untuk mengatasi utang pemerintah, menurut Jazuli, dengan memperbaiki manajemen keuangan negara. Dan tidak mengandalkan utang kepada pihak ketiga untuk melakukan pembangunan.

“Manajemen BUMN, manajemen keuangan pemerintah, itu yang harus diperbaiki, itu yang penting. Bagaimana manajemen pengelolaan keuangan negara ini supaya enggak ngandelin utang yang mayoritas itu,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.