Senin, 16 September 2024
Senin, 16 September 2024

Pansus Haji Bakal Gelar Rapat Perdana Pekan Depan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panitia khusus (Pansus) Angket Haji 2024 dijadwalkan bakal menggelar rapat perdana pada pekan depan. Hal itu sebagaimana disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar.

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu membenarkan, bahwa pelaksanaan rapat Pansus yang nantinya bakal membahas permasalahan terkait penyelenggaraan haji itu sempat tertunda karena masa reses.

“Pada dasarnya izin untuk rapat sudah saya tandatangani, pelaksanaan mungkin menunggu teman-teman, masih banyak yang di daerah karena reses,” kata Cak Imin di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta Pusat, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (21/7).

Adapun terkait dengan penunjukan Ketua Pansus Angket Haji, lanjut Cak Imin, nantinya akan akan dibicarakan secara internal tanpa keterlibatan pimpinan DPR RI.

“Saya sudah tidak ikut-ikut lagi. Pimpinan menyerahkan sepenuhnya siapa yang akan menjadi pimpinan pansus,” jelasnya.

Lebih lanjut, Cak Imin mengatakan, bahwa Pansus Angket Haji 2024 akan mendalami kebijakan pemerintah, khususnya terkait alokasi kuota tambahan haji yang dinilai tidak sesuai aturan.

Selain itu, Pansus Haji juga akan membahas perihal masih adanya jemaah dan pihak travel yang mengakali dengan menggunakan visa ziarah untuk pergi berhaji.

Meskipun di sisi lain, pemerintah sebenarnya sudah mengeluarkan aturan tegas, bahwa para jemaah hanya bisa berhaji jika menggunakan visa haji sebagaimana yang telah diatur dalam Undang Undang.

“Pansus Angket akan fokus pada yang namanya visa yang tidak sesuai Undang Undang, fokus di situ,” tandas Cak Imin.

Sebelumnya, rapat perdana Pansus Angket Haji DPR RI terkait pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji 2024 yang sedianya digelar pada Rabu (17/7) siang, pukul 13.00 WIB, namun batal terlaksana.

Anggota Pansus Angket Haji DPR RI Wisnu Wijaya mengatakan bahwa rencananya rapat perdana tersebut akan membahas pemilihan pimpinan pansus, dan rapat itu pun akan dihadiri oleh pimpinan DPR RI.

“Akan tetapi, kemarin sore menjelang petang itu ada informasi terkait penundaan. Sampai kapan? Kami juga bertanya kepada sekjen yang mengatur agenda tersebut,” kata Wisnu, Rabu (17/7).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Trending Labubu, Asal-usul dan Perjalanan Karakter Monster Imut Bergigi Tajam

Karakter ini menjadi booming dan dengan cepat memperoleh popularitas yang luar biasa, setelah Lisa Blackpink menggunakan karakter Labubu sebagai gantungan di tasnya.

KAI Catat Lebih 178 Ribu Tiket Sudah Terjual untuk Arus Balik

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...

Rayakan Maulid Nabi Muhammad dengan Twibbon, Ini Linknya

Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1446 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 16 September 2024, dirayakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru