HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyinggung sejumlah hal penting yang harus diperhatikan dalam membangun keluarga yang berkualitas. Salah satu yang menjadi perhatiannya terkait hal itu adalah perlu adanya kesetaraan gender.

Sebab, kata Muhadjir menjelaskan, publik selama ini masih berasumsi, bahwa dalam hal membangun keluarga merupakan tanggung jawab perempuan. Padahal laki-laki yang dalam hal ini adalah kepala keluarga juga ikut bertanggung jawab dalam membangun keluarga.

“Maka dari itu, perspektif gender harus diinternalisasi dalam membangun keluarga. Perlu adanya peran yang setara antara laki-laki dan perempuan dalam membangun keluarga yang berkualitas,” tutur Muhadjir dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (14/1).

Kendati demikian, Muhadjir tidak menampik bila perempuan merupakan sosok yang berpeluang menjadi aktor hebat dalam lingkup pembangunan desa hingga nasional.

Bahkan dikatakannya, perempuan juga dapat memperkuat ketahanan ekonomi, karakter identitas dan stabilitas negara. Hal itu tak lepas dari peran perempuan yang menjadi guru pertama bagi anak-anaknya.

“Perempuan yang hebat maka tentu akan menghasilkan generasi yang hebat,” kata Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, setidaknya ada tiga arah yang dapat dilakukan untuk membangun keluarga berkualitas. Pertama, yakni dengan meningkatkan perlindungan terhadap perempuan.

Kemudian yang kedua dengan meningkatkan akses pada layanan kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial perempuan. Dan yang terakhir yakni, peningkatan kegiatan ekonomi.