HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepergian begawan ekonomi Rizal Ramli meninggalkan kenangan yang mendalam bagi kerabat dan rekan seperjuangnya. Salah satu yang memiliki kenangan dengan sosok mantan Menteri Koordinator Kemaritiman itu ialah Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Sosok Rizal Ramli, bagi calon presiden (capres) nomor urut 2 ini merupakan sahabat. Prabowo juga mengatakan Rizal Ramli merupakan seorang intelektual dan aktivis yang memiliki banyak pemikiran baik selama hidupnya.

“Sahabat saya, beliau seorang intelektual, seorang demokrat, seorang aktivis yang idealis ya, banyak pemikiran beliau yang baik,” kata Prabowo saat melakukan takziah ke kediaman almarhum Rizal Ramli di Jalan Bangka, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (3/1) seperti dikutip Holopis.com.

Meski demikian, Prabowo mengakui, seringkali memiliki perbedaan pandangan dengan Rizal Ramli. Meski begitu, kata Prabowo, dirinya dengan Rizal Ramli tetap bersahabat sekalipun memiliki pandangan berbeda.

“Waktu itu kita memilih jalan yang berbeda, dengan idealisme beliau, mungkin beliau ingin perbaikan cepat, tapi kita hargai, kita saling menghargai,” tegas Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini pun tak menampik jika dirinya terkejut Rizal Ramli meninggal dunia. Prabowo mengaku terakhir bertemu Rizal Ramli saat perayaan ulang tahun Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada September 2023.

“Saya kaget beliau telah dipanggil. Ketemu pada saat ultah Luhut Panjaitan beberapa bulan yang lalu kalau tidak salah akhir September (2023),” pungkas Prabowo.