Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi di KTT G7 : Bumi Butuh Aksi Nyata, Bukan Sekadar Talk The Talk

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam kesempatan pidatonya pada sesi kerja Mitra KTT G7 soal iklim, energi dan lingkungan di Grand Prince Hotel Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5) kemarin, Presiden Jokowi mendorong seluruh negera untuk berkontribusi menghadapi ancaman perubahan iklim.

Presiden Jokowi pun kemudian menyampaikan bahwa bumi perlu aksi nyata, bukan sekadar talk the talk.

“Pendekatan lama harus ditinggalkan, burden shifting, propaganda. Bumi ini butuh aksi nyata, bukan talk the talk yang tidak berujung konkret,” ungkap Jokowi, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Minggu (21/5).

Lanjutnya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Indonesia saat ini telah meningkatkan target penurunan emisi yakni sebesar 31,89 persen dengan kemampuan sendiri, kemudian 43,2 persen dengan dukungan internasional.

“Sebuah komitmen yang harus diikuti dengan kemitraan yang memberdayakan,” ucapnya.

Kemudian, Presiden Jokowi juga menerangkan bahwa dukungan terkait pendanaan penanganan iklim terutama untuk negara berkembang harus konstruktif dan jauh dari diskriminatif.

“Saya harus sampaikan, jujur negara berkembang ragu terhadap komitmen pendanaan negara maju yang hingga kini komitmen 100 miliar USD per tahunnya masih belum terpenuhi,” tambahnya.

Selain itu, Presiden Jokowi mengungkapkan bagaimana aksi yang telah dilakukan Indonesia untuk menghadapi ancaman perubahan iklim.

“Indonesia telah lakukan banyak hal seperti laju deforestasi turun signifikan dan terendah selama 20 tahun terakhir, rehabilitasi 600.000 hektare hutan mangrove selesai di 2024, rehabilitasi 3 juta hektare lahan kritis, kebakaran hutan turun 88 persen, bangun 30.000 hektare kawasan industri hijau, dan dorong pengembangan ekosistem EV,” ucapnya lagi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru