Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Manfaat Makan Roti Gandum Hitam, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Roti gandum hitam atau biasa disebut Rye Bread berbeda dari roti pada umumnya.

Roti gandum hitam cenderung memiliki warna yang lebih gelap dan pekat ketimbang roti gandum pada umumnya.

Roti gandum hitam memiliki nutrisi serat yang tinggi dan juga memiliki kandungan seperti protein, vitamin b6, karbohidrat dan lain sebagainya.

Berikut ini 3 manfaat roti gandum hitam atau rye bread :

1. Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa roti gandum hitam lebih efektif dalam menurunkan kadar kolestrol daripada roti gandum pada umumnya.

Roti gandum hitam sendiri berfungsi mengurangi kolestrol jahat masing-masingnya hingga 14 persen dan 12 persen.

Hal itu terjadi sebab roti gandum hitam kaya akan serat larut, yang merupakan sejenis serat yang tidak dapat dicerna yang bisa membentuk zat seperti gel di saluran pencernaan yang juga bisa membantu menghilangkan empedu yang kaya akan kolestrol dari darah dan dari tubuh.

2. Bantu Kontrol Gula Darah

Roti gandum hitam kaya akan serat, maka dari itu bisa membantu penyerapan karbohidrat dan gula melalui saluran pencernaan.

Roti gandum hitam juga mengandung senyawa fenolik, seperti asam ferulic dan asam caffeic, yang dapat memperlambat pelepasan gula dan insulin ke dalam aliran darah, yang selanjutnya membantu pengendalian gula darah.

3. Bantu Sehatkan Pencernaan

Tingginya kandungan serat yang terdapa pada roti gandum hitam bisa membantu menjaga usus untuk tetap teratur, sehingga bisa melancarkan proses pembuangan.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa serat roti gandum hitam dapat meningkatkan kadar asam lemak rantai pendek seperti butirat dalam aliran darah Anda.

Asam lemak rantai pendek itu sendiri biasa biasa dikaitkan dengan berbagai manfaat seperti penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah dan perlindungan terhadap kanker usus besar.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru