BerandaNewsKesehatanMengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HOLOPIS.COM, JAKARTA HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Virus ini bisa mengakibatkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) jika tidak diobati. Mengenali gejala awal HIV penting untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat lebih awal.

Akibat diskriminasi dan kurangnya pengetahuan tentang virus ini, menyebabkan banyak kasus yang menjadi tidak terdeteksi sehingga penahanan untuk penularan sulit dilakukan, dan proses perawatan kurang maksimal.

Karena itulah butuh sosialisasi yang meluas untuk masyarakat agar bisa mencegah virus ini semakin tersebar. Salah satu hal yang diketahui adalah gejala-gejala, agar perawatan bisa lebih awak dilakukan dan penderitanya bisa kembali hidup sehat dengan terus ditemani perawatan maksimal.

Penerbit Iklan Google Adsense

Di Indonesia, saat ini ada sekitar 500 ribu kasus terhitung pada akhir tahun 2023.

Berikut adalah beberapa gejala yang dapat muncul pada tahap awal infeksi HIV.

1. Demam

Demam merupakan salah satu gejala awal yang sering terjadi setelah infeksi HIV. Demam biasanya terjadi beberapa minggu setelah terpapar virus dan bisa disertai dengan menggigil.

2. Nyeri Otot dan Sendi

Pada tahap awal infeksi HIV, banyak penderita mengalami nyeri otot dan sendi yang tidak lazim. Hal ini sering kali terasa seperti gejala flu yang parah.

3. Ruam Kulit

Ruam kulit yang tidak nyaman atau gatal bisa muncul pada tahap awal infeksi HIV. Ruam ini umumnya muncul beberapa minggu setelah terpapar virus.

4. Sakit Tenggorokan dan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Infeksi HIV bisa menyebabkan sakit tenggorokan yang berkepanjangan dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau pangkal paha.

5. Kelelahan yang Berlebihan

Kelelahan yang tidak wajar atau terus menerus sering kali menjadi gejala awal infeksi HIV. Kelelahan ini bisa berbeda dengan kelelahan biasa dan tidak membaik meskipun istirahat cukup.

6. Lemas dan Kehilangan Berat Badan

Banyak orang dengan infeksi HIV awal mengalami lemas atau kehilangan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dengan penurunan nafsu makan.

7. Sering Infeksi

Orang dengan HIV mungkin mengalami infeksi lain yang sering atau parah, seperti infeksi saluran napas, infeksi jamur, atau infeksi kulit.

Pentingnya Pengujian dan Pengobatan Dini

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang dengan HIV akan mengalami gejala ini, dan gejala awal ini bisa mirip dengan gejala penyakit lain. Satu-satunya cara untuk memastikan diagnosis HIV adalah dengan melakukan tes HIV. Mengidentifikasi infeksi HIV lebih awal sangat penting karena pengobatan yang dini dapat membantu memperlambat perkembangan virus dan mengurangi risiko komplikasi serius, termasuk AIDS.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Mandi Pagi Pakai Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ternyata mandi pagi dengan air dingin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan salah satunya bisa meredakan gejala depresi. Berikut informasi...

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS