MANDALIKA, HOLOPIS.COM Balapan MotoGP Mandalika 2022 diprediksi BMKG akan diguyur hujan, pawang hujan pun turun tangan agar tidak turun hujan saat balapan berlangsung.

Sebuah video yang memperlihatkan pawang hujan sedang beraksi, viral di media sosial seperti yang dilihat dalam akun Instagram @jktnewss.

Pawang hujan itu diketahui bernama Raden Rara I. Wulandari, yang di percaya jadi pawang hujan MotoGP Mandalika. Bahkan ia ditunjuk langsung, oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Raden Rara, juga pernah menjadi pawang hujan saat Opening Asian Games 2018.

“Saya sebagai tim doa pawang hujan yang direkomendasikan Pak Erick Thohir dan sering mengawal event-nya Presiden Jokowi dan event kenegaraan lain, melakukan modifikasi cuaca dengan kekuatan doa,” ujarnya, dikutip Minggu (20/3).

Dari pengakuannya, jadi pawang hujan di sirkuit Mandalika bukan hal yang mudah karena kondisi panas yang tidak stabil. Usai dirinya melakukan ritual, hujan tiba-tiba turun di kawasan Mandalika sekitar pukul 07.30 WITA termasuk area sirkuit yang menjadi lokasi balapan MotoGP. Rara pun memberikan penjelasan.

“Kalau semalam itu dimintai lembab, lalu hari ini supaya pembalap merasa nyaman, jadi kita perlu sedikit gerimis setelah tadi pagi hujan,” jelas Rara.

“Alasannya kalau kita di Indonesia kan tropis, nah pembalap minta yang tidak terlalu panas,” tambahnya.

pawang hujan
Tangkapan layar pawang hujan sedang beraksi do sirkuit Mandalika. (IG: @jktnewss)

“Saya berharap dengan kebaikan Tuhan kepada saya, saya bisa mengobrol dengan awan, tanah, air, dan udara, dan kini saya berusaha membantu PP, ITDC, Pertamina,” ucapnya.

Masalah bayaran, Rara menjelaskan ia dapat bayaran yang cukup besar dari MGPA sebagai pawang hujan. Namun, ia tidak merinci besaran bayaran yang diterimanya.

Dia menyebut bayaran yang diterimanya mencapai tiga digit alias ratusan juta untuk 21 hari kerja.

“Saya dibayar MGPA dan ITDC. Bayaran saya itu tiga digit untuk 21 hari,” jelasnya.