JAKARTA, HOLOPIS.COM – Saat ini olahraga zumba semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, mulai dari kalangan muda hingga kalangan tua. Selain gerakannya yang mudah, olahraga zumba ini juga dipercaya mampu mengurangi berat badan dengan cara yang menyenangkan.

Untuk melakukan olahraga ini, tak perlu memiliki keterampilan yang khusus, hanya cukup bergerak dan menari mengikuti arahan dari instruktur.

Senam zumba merupakan latihan fisik yang memadukan kombinasi tari salsa dan gerakan juga aerobik. Tak ada gerakan yang khusus dalam senang ini, sebab fokus senam ini adalah menggerakkan seluruh anggota tubuh dengan mengikuti irama musik.

Lalu apa saja manfaat dari senam zumba?

Manfaat Senam Zumba

Berikut beberapa manfaat senam zumba yang bisa kalian dapatkan menurut dr. Sienny Agustin, apabila kalian akan melakukan senam ini, antara lain:

  • Menjadi Sarana Sosialisasi

Manfaat pertama adalah menjadi sarana sosialisasi. Melakukan olahraga ini secara berkelompok akan membantu kalian bersosialisasi dengan orang banyak, karena saat kita melakukan senam ini, berarti kita mendapatkan teman baru yang memiliki minat serupa.

  • Mengurangi Emosional Tak Terkontrol (Setres)

Ketika Sobat Holopis memiliki kegiatan atau aktivitas yang padat dan pekerjaan yang tak kunjung habis sehingga membuat kalian merasa penat, bosan, dan stress. Salah satu cara mengatasinya adalah kalian bisa mengikuti senam zumba, karena saat melakukan senam ini, tubuh kalian akan melepaskan hormone endorphin yang dapat memicu perasaan bahagia dan mengurangi stress.

Selain itu, senam zumba diiringi dengan musik yang asik sehingga membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan.

  • Menurunkan dan Menjaga Berat Badan

Senam ini dipercaya dapat menurunkan berat badan lebih cepat, jika kalian melakukan selama 30 menit setiap harinya dapat membakar sekitar 9,5 kalori permenitnya.

Jika kalian ingin menurunkan berat badan dengan cepat, tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga ini. Namun, jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Saat kita melakukan senam zumba, detak jantung kita akan meningkat dan kemampuan tubuh dalam mengelola dan menggunakan oksigen pun akan naik. Sehingga senam ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

  • Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat yang terakhir adalah untuk mengendalikan tekanan darah, karena saat kita melakukan senam sumba selama 12 minggu, dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh gangguan tekanan darah, seperti hipertensi.

  • Mengencangkan Otot Tubuh

Gerakan pada senam zumba berkonsentrasi untuk membentuk otoo tubuh kalian, seperti otot perut, punggung, bokong, dan juga paha.

Senam ini bisa jadi pilihan kalian yang sedang bosan melakukan olahraga kardio. Dengan melakukan senam ini secara rutin, dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus membuat kalian senang dengan berbagai music yang mungkin kalian juga hafal.

Sebelum kalian melakukan atau memutuskan untuk senam zumba, kalian bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengurangi risiko, apabila kalian memiliki masalah kesehatan tertentu.

Hal ini penting dan wajib dilakukan untuk mencegah risiko atau cedera yang bisa memperparah kondisi kesehatan kalian.