HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku puas dengan kondisi fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam peninjauannya pada Kamis (26/9), Jokowi melihat langsung berbagai fasilitas di rumah sakit tersebut, seperti loket pelayanan, klinik gigi, klinik bedah, klinik penyakit dalam, dan sejumlah fasilitas kesehatan lainnya.

Jokowi kemudian mengapresiasi rencana pengembangan RSUD dr. Abdul Rivai yang dinilai telah memiliki perencanaan yang baik. Oleh karena itu, Jokowi menjanjikan bakal berbicara dengan presiden terpilih untuk memastikan agar proses pengembangan fisik rumah sakit dapat segera diselesaikan.

“Rumah sakit dr Abdul Rivai di Berau ini sangat baik karena telah memiliki master plan untuk mengembangkan rumah sakitnya menjadi sebuah rumah sakit yang memiliki standar yang baik,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com.

Jokowi kemudian juga mendorong agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat Berau dapat terus ditingkatkan, terutama dalam menghadapi tantangan fasilitas dan infrastruktur rumah sakit yang kurang memadai.

Kendati demikian, Jokowi berharap agar pemerintah daerah ikut serta dalam peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD tersebut.

“Rencana untuk penambahan CT-scan, kemudian mamografi, cathlab, perlengkapan ICU semuanya akan disediakan, akan disiapkan dari pemerintah (pusat). Tapi pemerintah daerah mestinya yang membangun ruangannya, membangun gedungnya,” tegasnya.