Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024
NewsEkobizBahlil Klaim Hilirisasi Nikel Bikin Indonesia Jadi Rajanya Stainless Steel

Bahlil Klaim Hilirisasi Nikel Bikin Indonesia Jadi Rajanya Stainless Steel

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengklaim hilirisasi di sektor nikel memberikan dampak besar terhadap peningkatan ekonomi hingga 10 kali lipat.

Hal itu dapat dilihat melalui keuntungan ekspor produk turunan nikel yang semula hanya sebesar 3,3 miliar dolar AS pada 2017, meningkat menjadi 33,5 miliar Dolar AS pada tahun 2023.

“Begitu kita setop (ekspor nikel), kemudian kita bangun industri, kita bangun hilirisasi, ekspor kita sekarang di 2023 sudah mencapai 33,5 miliar Dolar AS, 10 kali lipat naiknya,” terang Bahlil, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (31/7).

Bahlil menerangkan, pengolahan bijih nikel atau nickel ore menjadi nikel sulfat memiliki nilai jual hingga mencapai 11,4 kali lipat lebih tinggi.

Sementara katoda memiliki nilai jual 37,5 kali lipat lebih tinggi dari bijih nikel, serta pengolahan bijih nikel menjadi sel baterai memiliki nilai jual lebih mahal lagi, yakni sebesar 67,7 kali lipat.

Bahlil lantas mengungkapkan, program hilirisasi nikel yang selama ini menjadi andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga membuat Indonesia menjadi salah satu produsen baja nirkarat (stainless steel) terbesar di dunia.

Indonesia, kata dia, juga menjadi negara potensial dalam pengembangan investasi energi terbarukan, khususnya baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

“Bahan baku daripada mobil listrik itu adalah mangan, cobalt, lithium, dan nikel. Nikel di Indonesia Itu cadangannya 25 persen dari total nikel dunia,” kata Bahlil.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Berpeluang Menguat, Cek Rekomendasi Sahamnya

Indeks harga saham gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan hari ini, Selasa (17/9), setelah libur panjang akhir pekan atau long weekend.

OJK Catat Total Kredit Berkelanjutan Perbankan Rp 1.959 Triliun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan total kredit atau pembiayaan berkelanjutan Perbankan yang telah disalurkan hingga tahun 2023 mencapai Rp 1.959 triliun.

Pasar Modal Sepekan, Ada Pencatatan 1 Obligasi di BEI

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat kinerja pasar modal di Indonesia selama sepekan terakhir, atau selama periode 9 - 13 September 2024 mengalami peningkatan. Dimana pada periode tersebut, terdapat 1 pencatatan obligasi di pasar modal.

Asmindo Sebut Pembangunan IKN Jadi Berkah Bagi Industri Mebel

Program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa angin segar bagi para pelaku usaha, khususnya para pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) di industri mebel dan kerajinan dalam negeri.