HOLOPIS.COM, SURABAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jatim (Jawa Timur) pada hari ini, Selasa 14 Mei 2024.

Masyarakat di wilayah administrasi Provinsi Jatim pada hari ini nampaknya harus bersiap menghadapi guyuran hujan, setelah beberapa hari harus berhadapan dengan cuaca panas.

Sebab menurut prakiraan BMKG, cuaca Jatim pada hari ini, Selasa (14/5), bakal diguyur hujan dengan intensitas yang beragam, mulai hujan ringan hingga hujan lebat.

Bahkan potensi hujan di sejumlah wilayah pada hari ini dapat disertai dengan sambaran petir atau kilat dan angin kencang, meskipun hanya dalam durasi yang singkat.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang – sore hari,” tulis BMKG seperti dikutip Holopis.com, Selasa (14/5).

Adapun wilayah yang berpotensi turun hujan dengan disertai petir dan angin kencang tersebut yakni wilayah Kab. Mojokerto, Nganjuk, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

BMKG pun tidak melihat adanya potensi hujan yang akan mengguyur wilayah Timur pulau Jawa tersebut, meski dengan intensitas ringan sekalipun.

Selain menyampaikan informasi perihal prakiraan cuaca, BMKG juga turut merilis informasi terkait prakiraan mengenai suhu dan kelembapan udara di Jatim pada hari ini.

Menurut BMKG, suhu udara di Jatim pada hari ini paling tinggi berada di angka 34 derajat celcius, dan terendah di angka 15 derajat celcius di wilayah Batu yang memang akan berkabut pada malam hingga dini hari nanti.

Sementara untuk kelembapan udaranya, BMKG memprediksi kelembapan udara paling tinggi terjadi di wilayah Batu, dengan kisaran antara 80 – 100 persen. Namun secara umum, kelembapan udara di Jatim bakal berkisar di angka 65 – 100 persen.