HOLOPIS.COM, JAKARTA – PDIP mengungkapkan alasan mengapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak hadir dalam deklarasi Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden.

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani menjelaskan, Jokowi memiliki agenda kenegaraan di luar negeri semenjak beberapa hari lalu. Diketahui bahwa Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke China dan Riyadh.

“Sebagai kader PDIP, presiden Jokowi saat ini mempunyai tugas negara untuk hadir di Tiongkok, Beijing, juga mempunyai acara lain yang rencananya juga melawat ke Riyad,” kata Puan dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (18/10).

Dengan kondisi kesibukan sebagai Kepala Negara itulah, Ketua DPR itu berdalih bahwa Jokowi tidak bisa menyaksikan langsung proses deklarasi.

“Jadi kami memahami ketidakhadiran atau ketidakbisaan hadirnya bapak Jokowi pada Pengumuman capres-cawapres pada kesempatan ini. Karena ada tugas yang lebih penting yang harus dikerjakan oleh bapak Presiden,” tukasnya.

Puan pun tidak memberikan jawaban gamblang apakah PDIP memberitahukan pencalonan Mahfud MD sebagai cawapres pada hari ini.

“Beliau itu kan presiden, gak diberitahu juga tahu,” kilahnya.

Puan kemudian juga mengaku tidak tahu apakah Presiden Jokowi ikut dilibatkan dalam pertemuan antara Megawati dengan Mahfud MD pada tadi malam.

“Nanti saya tanya ya. Saya tanya dulu udah dilibatkan apa belum,” dalihnya.