Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Partai Buruh Aksi Kawal Putusan MK Senin Pekan Depan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Partai Buruh, Said Iqbal bakal menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran di Mahkamah Konstitusi (MK). Aksi tersebut dilakukan dalam rangka mengawal Sidang Putusan Judicial Review (JR) terhadap Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja.

Said Iqbal yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyampaikan bahwa pihaknya akan menghadirkan ribuan massa untuk turun ke jalan, untuk turut mengawal Putusan Sidang dari MK yang berlangsung pada hari Senin, 2 Oktober 2023 mendatang.

“Partai Buruh dan juga seluruh gerakan buruh di Indonesia, akan menggelar aksi besar-besaran, untuk merespons dibacakannya Hasil Putusan Sidang JR oleh Hakim MK,” ujar Said Iqbal, dalam konferensi persnya seperti dikutip Holopis.com, pada Rabu (27/8).

Rencananya, sebelum tiba di Gedung MK, massa aksi akan berkumpul terlebih dahulu di Lapangan IRTI (Ikatan Restoran dan Taman Indonesia), Monas. Dan bersama-sama melakukan long march menuju Istana Negara dan Gedung MK.

“Adapun aksi massa akan digelar di seluruh Indonesia, di 38 Provinsi dan 300 kabupaten/kota, terutama di Kawasan Kota-kota Industri. Dan untuk di Jakarta, aksi akan dipusatkan di Istana Negara dan Gedung MK,” tambahnya.

Lebih lanjut, terkait massa aksi, Said Iqbal tidak bisa memastikan, berapa jumlah pastinya. Sebab, seluruh elemen akan turun ke jalan bersama, untuk bersama melawan Omnibus Law UU Cipta Kerja, salah satu UU yang sarat kontroversial dan mendapat perlawanan panjang dalam penentangannya.

“Aksi massa 2 Oktober akan jadi lautan manusia, entah ribuan atau bahkan puluhan ribu buruh, kita tidak bisa memperkirakan. Dan di luar elemen buruh juga akan ikut bergabung, seperti mahasiswa, nelayan, petani dan juga elemen masyarakat lainnya.”

Aksi 2 Oktober tersebut turut membawa 2 Isu Tuntutan Utama, yakni Cabut Omnibus Law Cipta Kerja dan Naikkan Upah Minimum 15% di Tahun 2024.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Catat! Besok Driver Ojol Tidak Terima Orderan, Mau Demo Dulu di Kominfo

Ribuan driver atau pengemudi ojol (ojek online), akan melakukan aksi demo pada Kamis (29/8). Aksi demo ojol ini, akan dilangsungkan di depan kantor Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Hari Ini, Ridwan Kamil dan Pramono Anung Daftar Pilgub Jakarta

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta membuka pendaftaran pasangan calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) untuk Pilgub Jakarta 2024.

Partai Buruh Aksi Lanjutan 25-27 Agustus, Targetnya Tuntut Penerbitan PKPU Perubahan

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan bahwa pihaknya akan kembali melakukan demonstrasi besar-besaran pada 25-27 Agustus 2024. Iqbal menyebut bahwa target aksinya adalah di KPU dan DPR RI.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru