Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tanpa Obat-obatan, Ini 4 Cara Redakan Batuk dan Pilek

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Batuk dan pilek adalah masalah kesehatan yang sangat umum terjadi. Kondisi ini bisa dipicu banyak faktor, mulai dari infeksi bakteri, infeksi virus sampai alergi.

Batuk dan pilek sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa obat-obatan. Kendati demikian, sebagian besar orang terganggu oleh batuk yang terjadi terus menerus dan hidung yang tersumbat.

cara alami untuk meredakan batuk dan pilek, mengingat kondisi kesehatan ini jarang berkembang menjadi serius. Jika Sobat Holopis salah satunya, berikut perawatan sederhana untuk mengatasi batuk pilek tanpa obat, seperti yang dikutip Holopis.com dari Halodoc, Sabtu (5/11).

Istirahat yang cukup

Nah, Sobat Holopis juga perlu banyak beristirahat saat mengalami batuk dan pilek. Banyak orang yang menyepelekan kondisi ini karena dianggap ringan sehingga melakukan banyak aktivitas seperti biasa. Padahal, istirahat tetap dibutuhkan supaya sistem kekebalan tubuh mampu bekerja lebih maksimal. Ketika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup, otomatis gejala batuk dan pilek dapat mereda sedikit demi sedikit.

Pelembap udara

Jika Sobat Holopis memiliki humidifier atau alat pelembap udara, kamu bisa menggunakannya untuk menambah kelembapan di udara ruangan. Ketika udara cukup lembap, ini dapat membantu melonggarkan hidung yang tersumbat. Ganti air setiap hari dan bersihkan unit sesuai dengan instruksi pabrik. Selain menggunakan humidifier, juga bisa menggunakan uap hangat dari rebusan air untuk melonggarkan hidung. Cara praktis lainnya, bisa mandi dengan air hangat untuk melegakan hidung dan tenggorokan.

Hidrasi tubuh

Selama mengalami batuk dan pilek, Sobat Holopis perlu memenuhi cairan tubuh supaya terhindar dari dehidrasi. Cairan yang masuk ke dalam tubuh mampu melembapkan tenggorokan yang gatal karena batuk dan melonggarkan hidung tersumbat. Alhasil, cara ini mampu meringankan gejala batuk dan pilek yang Sobat Holopis alami.

Bisa mengonsumsi jus, air kaldu, atau air lemon hangat yang dicampur madu. Namun, pilihan terbaik tetaplah air putih hangat. Hindari mengonsumsi alkohol, kopi, dan soda. Semua minuman ini justru mengandung kafein yang bisa memicu dehidrasi.

Gunakan bahan alami

Tidak selalu harus menggunakan obat-obatan, Sobat Holopis bisa meredakan batuk dan pilek hanya dengan bahan alami yang tersedia di rumah loh!

Pertama, Sobat Holopis bisa berkumur dengan air garam hangat. Untuk membuatnya, hanya perlu mencampurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Berkumur dengan air garam ini telah terbukti meredakan sakit tenggorokan atau gatal sementara.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru