HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah dan Usaha Mikro (UMi) di Papua dengan membangun infrastruktur digital.

“Kominfo memberikan dukungan dan terus memberikan dukungan, membangun infrastruktur digital dan ekosistem digital melalui fiber optic, microwave link, fiber link, satelit, base transceiver station, akses internet di seluruh kawasan termasuk di Papua,” kata Menkominfo Johnny G. Plate, seperti dikutip dari Sekretariat Kabinet, Kamis (25/8).

Menkominfo mengatakan, pihaknya kan menyediakan internet yang dapat diakses di ribuan titik tempat pelayanan publik di wilayah paling Timur Indonesia itu.

“Kami juga telah menyiapkan dan membangun akses internet yang langsung dihubungkan dengan satelit untuk 1.702 titik layanan publik yang terdiri dari sarana pendidikan, sarana-sarana pemerintah daerah, fasilitas kesehatan, dan layanan pemerintahan lainnya di Tanah Papua dan Papua Barat,” ujarnya

Selanjutnya, ia menyebutkan bahwa wilayah tersebut .memiliki potensi yang besar untuk pertumbuhan UMKM dan UMi karena sumber daya alamnya.

“Tanah Papua yang membujur di kawasan paling timur Indonesia menyimpan berbagai keindahan alam dan kekayaan budaya yang sangat memesona dunia. Terlebih Papua juga menyimpan potensi UMKM dan UMi,” ungkapnya.

Pada tahun 2022 terdapat ratusan pegiat usaha UMKM, UMi, pelaku pariwisata, dan ekonomi kreatif yang didampingi Kominfo.

“Di tahun ini, Kominfo akan mendampingi 110 pelaku usaha UMKM dan UMi, serta 200 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, meliputi pelatihan UMKM berkelanjutan, pelatihan bahasa Inggris melalui platform digital bagi pelaku-pelaku pariwisata dan literasi digital di tanah Papua dan Papua Barat,” jelasnya.

Selanjutnya, Johnny mendorong produk pelaku usaha yang dibinanya dapat berkembang pesat.

“Produk-produk UMKM dan Ultra Mikro Papua harus makin bersinar sebagaimana cerahnya sinar pagi bagi nusantara, bagi panggung-panggung regional,” tuturnya..

Kemudian, ia mengajak masyarakat untuk mendukung hasil karya anak bangsa, terutama dari Papua. Selain itu, mantan anggota DPR RI itu juga berharap agar UMKM dan UMi dapat berkemampuan secara digital.

“Mari bersama-sama kita dukung UMKM dan Ultra Mikro Indonesia, UMKM dan Ultra Mikro karya Tanah Papua, masyarakat Papua, untuk Indonesia yang makin berdaya saing secara digital,” tutupnya.