43 Orang di Tulabolo Dilaporkan Hilang Pasca Bencana Longsor

HOLOPIS.COM, GORONTALO – Petugas gabungan hingga saat ini masih melakukan proses pencari9an terhadap korban longsor di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, dilaporkan setidaknya ada puluhan warga yang dilaporkan hilang dalam insiden longsor.

“Dari data sementara, sebanyak 43 warga masih dinyatakan hilang,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (9/7).

Kendati demikian, Abdul mengakui bahwa proses pencarian para korban hilang tersebut mengalami kendala yang cukup signfikan di lapangan.

“Turunnya hujan lebat menyebabkan pencarian korban hilang bencana tanah longsor di Desa Tulabolo,” ungkapnya.

Diketahui bahwa bencana tanah longsor ini melanda di kawasan tambang mineral di Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, pada Minggu pagi (7/7).

Lebih dari 200 personel gabungan melakukan upaya pencarian dan pertolongan (SAR) terhadap mereka yang tertimpa material longsor. Selain hujan lebat, kondisi tanah labil menjadi kendala dalam pencarian korban hilang.

Pencarian juga terhambat beberapa faktor lain, yaitu jalan menuju lokasi terdampak tidak dapat diakses kendaraan. Sedangkan jarak tempuh dari pos lapangan yang berada di Desa Tulabolo selama 9 jam dengan berjalan kaki. Terdapat 1 jembatan yang menghubungkan lokasi terdampak.

Abdul mengungkapkan, dari data yang ada, korban meninggal berjumlah 10 jiwa, luka-luka 18 dan mereka yang selamat 23.

“Pihak BPBD setempat masih terus memastikan jumlah korban yang hilang,” imbuhnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Banjir Rendam Ribuan Rumah di Kota Gorontalo

Bencana banjir merendam ribuan rumah warga yang ada kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo dengan ketinggian antara 30 hingga 150 sentimeter.

DMC Dompet Dhuafa Gencarkan Berbagai Layanan Darurat Pasca Banjir dan Longsor Gorontalo

Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa kerahkan tim dan layanan darurat guna bantu percepatan penanganan banjir dan longsor di Provinsi Gorontalo.

BNPB : 30 Orang Masih Dinyatakan Hilang Akibat Longsor di Bone Bolango

BNPB memastikan bahwa proses pencarian korban longsor di kawasan tambang mineral Kabupaten Bone Bolango masih terus dilakukan.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Hujan Deras, Turap Dinding Tol JORR Bintaro Longsor

HOLOPIS.COM, TANGSEL - Akibat hujan deras turap dinding di bantara ruas Tol JORR, di Jalan Mulia Bhakti, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan longsor, sekitar pukul...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

BERITA TERBARU

BNPB Tetapkan 30 Daerah di Jateng Siaga Kekeringan dan Karhutla

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan sebanyak 30 daerah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sebagai daerah yang berstatus siaga bencana kekeringan.