BerandaNewsKesehatanManfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

Manfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kacang polong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan jenis makanan apapun, mulai dijadikan sebagai camilan hingga olahan masakan.

Selain lezat dikonsumsi, kacang polong juga ternyata memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Sebab, kacang yang bernama latin Pisum Sativum memiliki banyak nutrisi di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, serat beserta beragam vitamin.

Untuk selengkapnya, berikut ini nutrisi hingga manfaat kacang polong hijau, seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter :

Dalam 100 gram kacang polong, terkandung sekitar 85 kalori dan beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti :

Penerbit Iklan Google Adsense
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin A, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B (termasuk tiamin dan folat)
  • Mineral, seperti kalsium, mangan, kalium, zat besi, fosfor, dan zinc

Selain nutrisi tersebut, kacang polong juga kaya akan antioksidan polifenol, yaitu senyawa kimia alami yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Zat ini dapat membantu mencegah penyakit tertentu, seperti penyakit degeneratif dan penyakit jantung.

Sejumlah Manfaat Kacang Polong Hijau

  1. Mengontrol Gula Darah

Kacang Polong Hijau mampu membantu mengontrol gula darah, maka dari itu kacang polong cocok bagi para penderita diabetes.

Karena kacang polong memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga lebih lambat meningkatkan kadar gula darah.

Selain itu, kandungan protein dan serat pada kacang polong juga bisa membantu mengendalikan dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Hal ini menjadikan kacang polong sebagai salah satu makanan yang baik bagi penderita diabetes.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kacang polong adalah sumber serat yang baik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran cerna. Selain itu, konsumsi serat yang cukup juga dapat mengurangi risiko terjadinya radang usus, iritasi usus, dan kanker usus besar.

  1. Mengontrol Berat Badan

Kacang Polong Hijau bisa membantu mengontrol berat badan juga, karena kacang polong merupakan salah satu sumber protein dan serat yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut dapat mengendalikan nafsu makan dan membuat Anda tidak cepat lapar.

Dengan begitu, kacang polong bisa menjadi pilihan makanan yang tepat, terutama bagi Anda yang sedang mengontrol atau menurunkan berat badan.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kacang Polong mengandungi antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Kacang polong juga mengandung saponin, yaitu senyawa pada tanaman yang dikenal memiliki efek antikanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa saponin dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan mencegah beberapa jenis kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegahnya, Anda perlu mengontrol tekanan darah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Kacang polong bisa menjadi pilihan makanan untuk mencegah tekanan darah tinggi karena mengandung sejumlah mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium. Kacang polong juga mengantung antioksidan dan serat yang baik untuk menurunkan kolestro jahat.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Mandi Pagi Pakai Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ternyata mandi pagi dengan air dingin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan salah satunya bisa meredakan gejala depresi. Berikut informasi...

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

HOLOPIS FEEDS