BerandaNewsHajiPPIH Merasa Sukses Percepat Mobilisasi Jemaah dari Arafah dan Muzdalifah ke Mina

PPIH Merasa Sukses Percepat Mobilisasi Jemaah dari Arafah dan Muzdalifah ke Mina

"Alhamdulillah, pergerakan jemaah dari Muzdalifah ke Mina tahun ini berjalan lancar. Pada jam 07.37 WAS, seluruh jemaah sudah diberangkatkan dari Muzdalifah menuju Mina, pagi yang cerah dan belum terlalu panas,” kata Hilman Latief.

HOLOPIS.COM, ARAB SAUDI – Pergerakan jemaah haji Indonesia dari Muzdalifah ke Mina tahun ini berjalan sukses dan lancar. Seluruh jemaah haji Indonesia sudah berhasil diberangkatkan ke Mina hingga pukul 07.37 Waktu Arab Saudi, sebelum terik matahari.

Alhamdulillah, pergerakan jemaah dari Muzdalifah ke Mina tahun ini berjalan lancar. Pada jam 07.37 WAS, seluruh jemaah sudah diberangkatkan dari Muzdalifah menuju Mina, pagi yang cerah dan belum terlalu panas,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief di Makkah, Senin (17/6) seperti dikutip Holopis.com.

Pihaknya merasa bahagia dengan pencapaian kinerja tim PPIH Arab Saudi yang telah menjalankan tugasnya dengan baik.

“Ini patut kita syukuri karena jemaah tidak kepanasan di Muzdalifah, sepeti pada musim haji tahun lalu,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M diwarnai dengan keterlambatan pergerakan jemaah dari Muzdalifah ke Mina. Saat itu, pemberangkatan jemaah dari Muzdalifah berlangsung hingga 13.30 WAS. Hal ini memberi pelajaran berharga tentang pentingnya ikhtiar dalam mempercepat proses pergerakan jemaah dari Muzdalifah ke Mina.

Hilman Latief pun mengatakan, sukses pergerakan jemaah dari Arafah dan Muzdalifah ke Mina menjadi concern Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Sejak awal, Menag Yaqut Cholil Qoumas juga sudah meminta PPIH untuk melakukan langkah antisipasi dini.

Menurutnya, setidaknya ada tiga ikhtiar yang dilakukan PPIH, yaitu: penerapan skema murur, penguatan koordinasi lintas pihak, serta penyiapan kesiagaan petugas haji.

“Antisipasi keterlambatan pergerakan jemaah dari Arafah dan Muzdalifah ke Mina terus kita ikhtiar. Alhamdulillah, kemarin berjalan sukses dan berhasil,” sebut Hilman.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh petugas yang disiplin melakukan tugas di pos nya masing-masing dengan segala dinamika dan situasi yang dihadapi di lokasi. Namun, tugas kita belum selesai. Semua petugas harus memastikan layanan di Mina agar sesuai dengan yang direncanakan. Ini menuntut kedisiplinan dan koordinasi petugas,” sambungnya.

Penerapan Murur

Mabit di Muzdalifah dengan cara murur adalah mabit (bermalam) yang dilakukan dengan cara melintas di Muzdalifah, setelah menjalani wukuf di Arafah. Jemaah saat melewati kawasan Muzdalifah tetap berada di atas bus (tidak turun dari kendaraan), lalu bus langsung membawa mereka menuju tenda Mina.

“Skema murur diterapkan sebagai ikhtiar menjaga keselamatan jiwa jemaah haji atas potensi kepadatan di tengah terbatasnya area Muzdalifah. Jemaah cukup melintas di Muzdalifah dan langsung ke Mina,” tegas Hilman.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Jemaah ke Petugas Haji di Bandara Soetta : Kami Menyambut Pejuang Luar Biasa

Ada yang berbeda di area Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Lantunan Shalawat Thala’al Badru ‘Alaina menggema ketika para petugas haji Indonesia keluar dari pintu kedatangan bandara.

Kemenag Bicara Nasib Garuda di Musim Haji 2025, Usai Banyak Penerbangan Delay

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief memberikan tanggapan terkait maskapai Garuda Indonesia yang banyak mengalami delay saat melayani penerbangan haji 2024.

Kemenag Buka Peluang Lanjutkan Skema Murur di Musim Haji Berikutnya

Kementerian Agama (Kemenag) membuka peluang untuk melanjutkan skema murur bagi para jemaah pada pelaksanaan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya.

Kemenag Lepas Tangan soal Slot Time Penerbangan Haji 2024

Direktur Layanan Haji dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Saiful Mujab memastikan, bahwa pengurusan slot time penerbangan jemaah haji bukan menjadi tanggung jawab pihaknya, melainkan kewajiban maskapai.

Kemenag Klaim Selalu Ambil Langkah Proaktif Atasi Kepadatan di Mina

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief berbicara soal kepadatan di Mina saat ibadah haji yang disebutnya sudah terjadi sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Kemenag : 166 Ribu Jemaah Haji Sudah Tiba di Tanah Air

Anggota Media Center Kementerian Agama (Kemenag), Widi Dwinanda mamastikan proses pemulangan jemaah haji ke Tanah Air pada periode penyelenggaraan haji tahun 1445 H/2024 M masih terus berlangsung.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS