Rabu, 19 Juni 2024
BerandaHistoryHari Laut Sedunia, 8 Juni : Begini Tema dan Sejarahnya

Hari Laut Sedunia, 8 Juni : Begini Tema dan Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Laut Sedunia atau World Oceans Day diperingati pada 8 Juni di setiap tahunnya. Hari Laut Sedunia diperingati untuk mengingatkan setiap orang bahwa lautan memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Tak dapat dipungkiri, bahwa Lautan bisa sebagai sumber makanan, tempat rekreasi hingga bisa sebagai pemersatu atau pun pemisah suatu Bangsa.

Lantas, seperti apa sejarahnya?

Hari Laut Sedunia yang diperingati setiap 8 Juni, berawal dari usulan delegasi Kanada yang menghadiri Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Lingkungan dan Pembangunan pertama kali pada tahun 1992 di Rio de Janeiro.

Penerbit Iklan Google Adsense

Usulannya, yakni ide hari untuk menghormati lautan. Kemudian, pada tahun 1998 usul tersebut kembali disuarakan saat Komisi Oseanografi Antarpemerintah UNESCO menyerukan dukungan untuk melakukan perayaan Hari Laut resmi secara internasional.

Untuk pertama kalinya World Ocean Network dan The Ocean Project sebagai dua organisasi konservasi, merayakan hari itu bersama dengan jaringan kebun binatang dan kelompok lingkungan mereka di seluruh dunia pada tahun 2022.

Kemudian kedua organisasi tersebut, melakukan penggalangan petisi hingga PBB pun secara resmi menetapkan Hari Laut Sedunia pada tahun 2008.

Peringatan internasional Hari Laut Sedunia mencakup penyampaian pesan tahunan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menyoroti tantangan yang dihadapi oleh lautan dan ekosistem laut.

Hari Laut Sedunia biasanya dirayakan dengan melakukan seminar dan diskusi yang menyoroti topik dan pengelolaan sains terkait laut, kegiatan anak-anak dan festival film bertema laut, kegiatan mengumpulkan sampah, dan pembukaan pameran bertema laut dan lainnya.

Lantas, apa tema yang diusung untuk Hari Laut Sedunia tahun 2024 ini?

Hari Laut Sedunia 2024 mengusung tema ‘Awaken New Depths‘ atau ‘Bangkitkan Kedalaman Baru’.

Ada pun tema tersebut diusung untuk mengingatkan setiap orang untuk menjaga kekayaan laut, sebab lautan merupakan bagian dari kehidupan kita sendiri.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kalian Suka Pakai Parfum? Tahu Gak Asal Muasalnya Gimana? Simak Sejarahnya!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemakaian parfum nampaknya sudah jadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar orang di dunia. Bahkan, pemakaian parfum tersebut kerap juga dikaitkan dengan...

Hari Demam Berdarah ASEAN, 15 Juni : Simak Tema dan Ciri-ciri Gejala yang Perlu Diwaspadai

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN atau ASEAN Dengue Day diperingati pada 15 Juni di setiap tahunnya. Ada pun hari besar tersebut...

Sejarah Flashdisk, Kalian Harus Terima Kasih Sama Pria Asal Jepang Ini!

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang banyak digunakan hingga saat ini. Dengan bentuknya yang sederhana namun bisa memuat banyak data, flashdisk jadi salah satu andalan untuk menyimpan sebuah file apa pun yang terdapat di komputer.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono Jateng 1

HOLOPIS FEEDS