5 Bahaya Fatal Menggunakan Ganja, Jauhi Jika Ingin Masa Depan Cerah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ganja atau yang dikenal dengan sebutan mariyuana, adalah salah satu jenis narkotika yang sering digunakan secara ilegal di berbagai belahan dunia. Negara Asia Tenggara Thailand, baru saja membatalkan penetapan ganja sebagai narkoba legal, dan kembali melarang penggunaan ganja rekreasional.

Hal itu dikarenakan pemerintah Thailand menilai bahwa penggunaan ganja secara rekreasional sangat berbahaya dan memiliki dampak yang sangat buruk terhadap individu yang menggunakannya.

Meskipun ada pandangan yang berbeda tentang ganja, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan ganja dapat memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan individu.

Ini dia beberapa dampak bahaya menggunakan ganja.

1. Gangguan Kesehatan Mental

Penggunaan ganja telah terkait dengan peningkatan risiko gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan, depresi, dan psikosis. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi ganja secara teratur dapat memicu atau memperburuk kondisi-kondisi ini, terutama pada individu yang rentan.

2. Gangguan Fungsi Kognitif

Penggunaan ganja dapat mengganggu fungsi kognitif, termasuk memori, perhatian, dan kemampuan belajar. Terutama pada remaja yang sedang dalam masa perkembangan otak, penggunaan ganja dapat memiliki dampak jangka panjang pada kemampuan kognitif mereka.

3. Ketergantungan dan Penyalahgunaan

Seperti halnya dengan banyak narkotika lainnya, penggunaan ganja juga berpotensi menyebabkan ketergantungan. Individu yang menggunakan ganja secara teratur mungkin mengembangkan toleransi terhadap zat tersebut, yang pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan konsumsi dan penyalahgunaan.

4. Dampak Terhadap Fungsi Paru-paru

Merokok ganja secara kronis dapat menyebabkan masalah kesehatan paru-paru serius, termasuk bronkitis kronis dan kerusakan jangka panjang pada jaringan paru-paru. Penggunaan ganja dalam bentuk lain, seperti vaporisasi atau konsumsi melalui makanan, mungkin mengurangi risiko ini, tetapi tetap ada potensi dampak negatif pada sistem pernapasan.

5. Pengaruh Terhadap Fungsi Jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan ganja dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk peningkatan denyut jantung dan tekanan darah. Ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, terutama pada individu dengan faktor risiko kardiovaskular lainnya.

Hindari narkoba untuk masa depan yang lebih cerah!

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Tak Lagi Bebas, Thailand Kembali Anggap Ganja Sebagai Narkoba

Negara Thailand akan kembali memasukkan ganja ke dalam daftar obat-obatan terlarang di akhir tahun 2024 ini. Hal ini berbanding terbaik dengan Thailand yang sebelumnya membebaskan penjualan ganja, dan bisa dengan mudah dicari masyarakat.

Chandrika Chika Ditangkap Polisi Saat Hisap Vape Ganja Bareng 5 Temannya

Chandrika Chika ditangkap polisi saat mengonsumsi ganja cair di Hotel Karet Kuningan Setiabudi, Jakarta Selatan pada hari Senin, 22 April 2024 jam 23.00 WIB.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.