Nadiem Hapus Pramuka Sebagai Ekstrakulikuler Wajib Sekolah

HOLOPIS.COM, JAKARTA 0 Mendikbudristek (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi), Nadiem Anwar Makarim telah resmi menghapus Pramuka dari ekstrakulikuler wajib di sekolah.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah yang telah diundangkan pada 26 Maret 2024.

“Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” demikian tertulis dalam Pasal 35 Permen Nomor 12 Tahun 2024 yang dikutip, Senin (1/4) seperti dikutip Holopis.com.

Di mana di dalam pasal 34 disebutkan, bahwa Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 959); Ketentuan mengenai kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah resmi dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Melalui Peraturan Menteri Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, Pramuka ditempatkan sebagai kegiatan yang dapat dipilih dan diikuti sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik.

Peraturan tersebut ditetapkan di Jakarta pada 25 Maret 2024 dan mulai berlaku pada tanggal diundangkan yaitu 26 Maret 2024.

Dengan demikian aturan tersebut menganulir Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

FMTI Bakal Digelar di Way Halim Lampung

Festival Musik Tradisi Indonesia (FMTI) bakal digelar di pelataran Pasar Kreatif Seni (PAKSI) PKOR Way Halim, Bandar Lampung pada 13-14 Juli 2024 mendatang.

Kemendikbudristek Apresiasi Capaian Indonesia di ASEAN University Games 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi penampilan Kontingen Mahasiswa Indonesia yang telah memberikan prestasi membanggakan di 21st ASEAN University...

Nadiem Peringatkan PTN Kembalikan Duit Mahasiswa yang Sudah Setor Kenaikan UKT

Mendikbudristek Nadiem Makarim memberikan ultimatum kepada perguruan tinggi negeri (PTN) menindaklanjuti putusan penundaan kenaikan UKT (uang kuliah tunggal).

Nadiem Cuma Tunda Kenaikan UKT di Tahun Ini

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim memastikan bahwa penundaan kenaikan UKT (uang kuliah tunggal) hanya berlaku sampai dengan tahun ini.

PB SEMMI Apresiasi Jokowi, Kenaikan UKT Akhirnya Batal

Ketua Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI), Gurun Arisastra mengapresiasi langkah cepat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyudahi polemik kenaikan UKT (uang kuliah tunggal) yang menjadi garapan Kemendukbud Ristek.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.