BerandaNewsEkobizInflasi Ramadan 2024 'Agak Laen', BPS Beberkan Alasannya

Inflasi Ramadan 2024 ‘Agak Laen’, BPS Beberkan Alasannya

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) telah membeberkan data terbaru perihal angka inflasi pada periode bulan Maret 2024, yang bertepatan dengan momen Ramadan 2024.

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, bahwa pihaknya mendapati adanya keunikan terkait data inflasi yang terjadi pada periode tersebut.

Jika pada momen Ramadan di tahun-tahun sebelumnya andil inflasi adalah kelompok makanan minuman dan tembakau serta transportasi, namun pada tahun ini berbeda, dimana andil inflasi juga diberikan oleh kelompok perawatan pribadi dan lainnya dengan andil inflasi 0,04 persen.

“Kenaikan andil kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya ini didorong oleh kenaikan harga emas perhiasan yang memberikan andil tertinggi di kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya. Juga ini dipengaruhi oleh naiknya harga emas di pasar global,” beber Amalia dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Senin (1/4).

Sementara itu, kelompok transportasi yang biasanya memberikan andil inflasi terbesar, pada Maret 2024 tercatat hanya sebesar 0,01 persen. Hal itu didorong oleh tarif angkutan udara yang pada Ramadan tahun ini ternyata mengalami deflasi sebesar 0,97 persen.

Terdapat beberapa alasan tarif angkutan udara mengalami deflasi di Ramadan 2024, salah satunya karena masih sedikitnya permintaan dari masyarakat, semakin banyaknya jumlah rute dan frekuensi penerbangan.

Amalia menuturkan, banyak maskapai disebut tidak menaikkan tarif hingga adanya kebijakan pemerintah untuk menurunkan tarif angkutan udara di daerah destinasi pariwisata super prioritas.

“Jadi ini mekanisme supply and demand. Bahkan ada yang memberikan tarif udara lebih rendah dibandingkan Februari 2024,” bebernya.

Lebih rinci dijelaskan, terdapat 20 provinsi yang mengalami deflasi tarif angkutan udara dan 1 provinsi lainnya stabil. Sementara itu, 17 provinsi mengalami inflasi tarif angkutan udara antara lain di Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Tengah.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Posisi Seks di Dalam Mobil agar Tidak Goyang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berhubungan intim menjadi salah satu kebutuhan hidup berumah tangga, baik pejuang garis dua, maupun pejuang rumah tangga. Namun...

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :