RESEP : Dolma, Makanan Khas Timur Tengah untuk Menu Takjil

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berbagai jenis makanan yang sering ditemukan seperti kurma, dan gorengan-gorengan biasanya selalu mewarnai meja makan ketika sedang menunggu waktu berbuka puasa. Es buah juga menjadi menu minuman yang tak pernah apsen melepas dahaga saat maghrib sudah menghampiri.

Namun jika Sobat Holopis ingin sesuatu yang berbeda sebagai menu hidangan berbuka puasa, dolma bisa jadi pilihan yang tepat untuk Sobat Holopis. Hidangan khas Timur Tengah yang terbuat dari daun anggur yang diisi dengan campuran daging cincang, beras, dan rempah-rempah ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk hidangan berbuka puasa unik.

Cara membuatnya juga tidak sulit, Sobat Holopis. Bahan-bahannya juga tidak sulit ditemukan di Indonesia. Berikut resepnya :

Bahan:

  • Daun anggur segar atau dalam kemasan (dapat ditemukan di toko-toko bahan makanan Timur Tengah)
  • 250g daging cincang (daging sapi atau daging domba)
  • 1/2 cangkir beras
  • 1 bawang besar, dicincang halus
  • 2-3 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1/4 cangkir minyak zaitun
  • 1/4 cangkir jus lemon
  • 1 sendok teh mint kering
  • 1 sendok teh peterseli kering
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Jika menggunakan daun anggur segar, rendam daun tersebut dalam air panas selama 10-15 menit untuk melunakkan. Jika menggunakan daun anggur dalam kemasan, bilas dengan air hangat untuk menghilangkan garam dan kemungkinan rasa pahit.
  2. Dalam sebuah mangkuk besar, campur daging cincang, beras, bawang besar, bawang putih, minyak zaitun, jus lemon, mint kering, peterseli kering, garam, dan merica. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  3. Letakkan satu lembar daun anggur di permukaan kerja dan letakkan sekitar satu sendok makan campuran daging di bagian tengah daun.
  4. Lipat sisi kiri dan kanan daun ke arah tengah, lalu gulung daun dari bagian bawah ke bagian atas untuk membentuk gulungan kecil seperti bungkus. Ulangi proses ini dengan sisa daun dan campuran daging.
  5. Tata dolma yang sudah terbentuk rapat di dalam panci besar. Pastikan Sobat Holopis menata dolma rapat agar mereka tidak terbuka saat dimasak.
  6. Tutup dolma dengan sejumlah kecil air panas, tambahkan sedikit garam, dan letakkan piring berat di atas dolma untuk mencegah mereka terapung.
  7. Masak dolma dengan api sedang selama sekitar 30-40 menit atau sampai daging matang dan beras empuk.
  8. Angkat dolma dari panci dengan hati-hati dan susun di atas piring saji. Sajikan panas dengan saus yoghurt atau saus tomat sebagai pelengkap.
Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

RESEP : Sate Ayam Saus Kacang, Rasa Nikmatny Bikin Ketagihan Terus

Siapa sih yang tidak suka kuah sate ayam bumbu kacang? Sate ayam kuah kacang adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia, dikenal dengan rasa yang kaya dan memikat.

RESEP : Risol Balut Telur Isi Bakso, Bikin Ketagihan deh Pokoknya

Resep kuliner kali ini Risol Balut Telur Isi Bakso yang tentunya lezat dan nikmat. Pokoknya dijamin ketagihan deh.

RESEP : Teh Tarik Kayumanis, Rasanya Bikin Nagih

Resep kali ini ada Teh Tarik Kayumanis, yang tentunya lezat dan nikmat. Pokoknya dijamin ketagihan!

RESEP : Pie Apel Rumahan, Paling Enak Disantap Selagi Hangat

Pie apel adalah salah satu hidangan klasik yang tak pernah lekang oleh waktu dalam dunia kuliner. Bagi yang sering nongrong, pasti ini pernah menjadi salah satu menu pilihan.

RESEP : Tumis Sosis Goreng Lada Hitam, Enaknya Mirip di Restoran

Tumis sosis goreng lada hitam adalah pilihan hidangan yang lezat dan mengenyangkan untuk memulai hari dengan baik. Apalagi menu ini tidak membutuhkan resep yang rumit.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Motta Awali Debut Bersama Juventus dengan Kekalahan

Juventus harus menerima kekalahan telak 3-0 atas Nuremberg di tur pramusimnya. Mirisnya, hasil itu didapat di laga debut sang manajer Thiago Motta.