BerandaPolhukamPilpresKPU Tidak Ambil Pusing PDIP Tolak Sirekap

KPU Tidak Ambil Pusing PDIP Tolak Sirekap

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – KPU RI menanggapi pernyataan sikap dari PDIP yang menolak perolehan suara di dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Pemilu 2024.

Ketua KPU RI, Hasyim Ashari bahkan menegaskan, pihaknya akan tetap menayangkan hasil penghitungan suara secara real time meski PDIP menolak kekalahan.

“Intinya untuk foto, Formulir C Hasil Plano yang ada di TPS, itu akan kami unggah terus, sebagai bentuk transparansi” kata Hasyim dalam keterangannya pada Jumat (23/2) seperti dikutip Holopis.com.

Hasyim juga menegaskan, Sirekap memiliki keuntungan tersendiri sampai saat ini meski sempat ditemukan beberapa.kesalahan sistem input data.

“Ini tetap kita tayangkan karena apa? Masyarakat pemilih atau partai politik yang tidak punya saksi mau mengakses informasi perkembangan hasil pleno di TPS dari mana? Justru dengan Sirekap ini bisa diakses, bisa dimonitor, bisa dipantau,” tegasnya.

Selain itu, Hasyim menegaskan bahwa para pemantau Pemilu bisa menggunakan Formulir Model C1-Plano di Sirekap jadi basis penghitungan yang dilakukan secara mandiri.

Sehingga, diharapkan itu bisa menjadi bekal pemantau pemilu menghadapi proses rekapitulasi manual berjenjang di atasnya, seperti kecamatan dan provinsi.

“(Sirekap) itu sambil sama-sama bisa membandingkan atau crosscheck apakah yang ditayangkan itu sudah benar atau belum,” ujarnya.

Apabila Sirekap ditutup, Hasyim menegaskan maka hanya pihak tertentu saja yang memegang Formulir Model C1-Plano dari tingkat TPS dan bisa mengetahui situasi penghitungan suara.

“Itu lah tujuan supaya adanya Sirekap ini supaya hasil pemungutan suara atau hasil penghitungan suara itu transparan, siapa pun bisa akses,” terangnya.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Innalillahi, Ibu Angger Dimas Meninggal Dunia

DJ kenamaan Indonesia Angger Dimas kembali mengalami duka yang mendalam. Hanya beberapa bulan sejak kehilangan sang anak, Raden Andante Khalif Pramudityo atau Dante, Angger Dimas kali ini kehilangan sosok ibundanya.

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :