Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Budaya Srawung untuk Persiapan Hajatan Nikah di Wonogiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hallo sobat Holopis, Indonesia memang negara dengan berbagai macam budaya di dalamnya. Sekarang kita akan mengulik Budaya Srawung saat persiapan hajatan nikah di Wonogiri, Jawa Tengah.

Mulai dari Sabang sampai Merauke pasti ada saja budaya khas daerah masing-masing. Dari budaya tari, kesenian sampai budaya pernikahan. Salah satunya ada budaya ketika mempersiapkan hajatan nikah.

Srawung sendiri merupakan kata dari bahasa Jawa yang bisa diartikan sebagai suatu interaksi, pergaulan, atau sosialisasi kepada seseorang atau sekelompok masyarakat.

Diketahui, Srawung merupakan salah satu budaya dalam bersosialisasi masyarakat Jawa sejak dulu. Hal tersebut diperlihatkan dengan beramai-ramainya warga untuk memasak, mempersiapkan bersama hajatan untuk sebuah pernikahan di sana.

Dari hal itu juga dapat timbulnya saling interaksi sesama warga ketika bergotong royong membantu mempersiapkan hajatan. Dengan senangnya warga yang turut andil sambil melakukan tugasnya masing-masing.

Dalam tradisi masyarakat pedesaan jawa juga, istilah ‘srawung’ sudah akrab di telinga masyarakat sekitar, karena hal itu merupakan media untuk saling bercerita tentang realitas kehidupan.

Tak lupa juga selain dalam persiapan hajatan nikah, pada selayaknya pernikahan, warga pun menikmati acara dangdut yang disediakan pengantin sembari berjoget riang.

@irengmanis000

ora srawung sripah mu suwun lur???? #srawung #wonogiri

♬ suara asli – chy17 – chy17

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Simak Makna Spiritual Hari Siwa Ratri, Lengkap Beserta Tradisi dan Upacaranya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Siwa Ratri, juga dikenal sebagai...

Keutamaan Menjalankan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Setelah menjalankan ibadah puasa wajib di...

5 Makanan Khas Semarang, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Mudik Lebaran

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Bagi Sobat Holopis yang mudik ke...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru