Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Anggaran Proyek Pengelolaan Sarana Air Minum di Rote Ndao Diduga Bocor

HOLOPIS.COM, NTT – Sekelompok oknum pemerintahan di Rote Ndao diduga telah melakukan penyelewengan dana terkait dengan proyek pembangunan sarana air minum dan penguatan kapasitas pengelolaan sarana air minum di Desa Dalek Esa, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Proyek yang didanai oleh APBN dengan total anggaran mencapai Rp.445.000.000 itu diduga telah diselewengkan dari harga yang seharusnya. Ketua Pamsimas di Desa Dalek Esa Ayub Adu saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut awalnya sempat menghindar dan menjanjikan akan memberikan penjelasan lebih lanjut.

“Saya sedang di luar rumah. Nanti saya berikan penjelasan,” kata Ayub Adu saat dikonfirmasi Holopis.com, Sabtu (11/11).

Dari informasi yang ada, dari total dana, sebagian besar dialokasikan untuk pembangunan sarana air minum sebesar Rp.428.500.000, pelatihan bagi kelompok masyarakat Rp.3.120.000, promosi kesehatan Rp.700.000, dan uji kualitas air (pra & pasca konstruksi) Rp.2.680.000. Sementara itu, anggaran operasional kelompok masyarakat mencapai Rp.10.000.000.

Sebagian dana in cash dari masyarakat dan swadaya masyarakat yang mencapai Rp.4.100.000 itu kemudian didapatkan kurang dari yang seharusnya diterima. Beberapa kejanggalan lainnya terkait pembelian pipa SR, meteran listrik seharga Rp.10.000.000, dan pompa air yang nilainya mencapai puluhan juta rupiah.

Ayub justru melempar tanggung jawab karena tidak ada ketidakpastian terkait penggunaan dana karena langsung dikirim tanpa dipegang oleh pihak Ketua Pamsimas Desa Dalek Esa.

Namun, proyek ini menemui kendala terkait pemadaman listrik dan pipa yang belum terpasang. Ayub pun mengeluhkan jebol pipa dan lubang di pipa bagian paling bawah tanah yang menjadi hambatan dalam penyelesaian proyek Pamsimas di Desa Dalek Esa.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Aksi Konvergensi Stunting NTT Rote Ndao Mendapat Peringkat 1

HOLOPIS.COM, KUPANG - Kabupaten Rote Ndao menorehkan capaian positif...

Pj. Bupati Rote Ndao Hadiri Undangan Presiden RI di IKN

HOLOPIS.COM, IKN - Presiden RI Joko Widodo bertemu dan...

Dugaan Korupsi Rumput Odot, Kapolda NTT: Saya Lagi Cek

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru