Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizOJK Anggap Paylater Hanya 'Jargon' Marketing Perusahaan Digital

OJK Anggap Paylater Hanya ‘Jargon’ Marketing Perusahaan Digital

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyoroti layanan pembiayaan berbasis digital, khususnya layanan paylater yang kini tengah menjadi tren pembiayaan di masyarakat, khususnya kalangan anak muda.

Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya di OJK, Agusman, layanan paylater bukanlah sebuah produk keuangan.

Dia menganggap paylater hanyalah sebuah jargon atau strategi marketing yang digunakan perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor digital.

“Paylater bukanlah produk, melainkan sebuah ‘jargon’ pemasaran dari perusahaan berbasis digital yang merujuk pada transaksi pembiayaan yang dilakukan melalui e-commerce,” katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip Holopis.com

Namun ia tidak menjelaskan secara spesifik perusahaan yang dimaksud, apakah itu perusahaan pembiayaan digital atau perusahaan layanan jual beli digital alias e-commerce.

Di sisi lain, Agusman tak menampik hadirnya layanan paylater ini memang memberikan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi yang dapat dilakukan langsung hanya menggunakan smartphone saja.

Namun perlu diperhatikan, bahwa layanan paylater ini harus digunakan dengan bijak, sehingga tidak terjerumus dalam utang yang dapat mencatatkan catatan buruk di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

“Apabila kita membayar dengan tepat waktu, maka tidak akan ada catatan di SLIK. Namun, jika pembayaran tidak dilakukan dengan baik, maka akan tercatat sebagai pelanggaran,” tuturnya.

Agusman menegaskan, bahwa catatan buruk di SLIK OJK akan menghambat upaya memperoleh pembiayaan dari tempat lain kelak di kemudian hari.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).