Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kejagung Terus Dalami Keterlibatan WSKT dan Acset Indonusa di Mega Korupsi Tol MBZ

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sejumlah nama dari kalangan PT Waskita Karya (WSKT) terus menerus dicecar oleh penyidik Kejaksaan Agung untuk menjalani pemeriksaan di kasus korupsi tol MBZ.

Dimana kali ini bahkan jajaran staf di bagian accounting PT. Waskita Karya (WSKT) ikut diperiksa oleh penyidik Kejaksaan. Dimana WSKT diketahui adalah Kontraktor Konstruksi Tol MBZ senilai Rp11, 69 triliun bersama PT. Acset Indonusa (anak usaha Astra Group) dalam bentuk KSO (Kerja Sama Operasi) WSKT-Acset.

“SA diperiksa sebagai saksi guna memperkuat pembuktian sekaligus membuat terang tindak pidana yang terjadi,” kata Ketut dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (21/10).

Meskipun sudah banyak jajaran WSKT maupun Acset Indonusa yang diperiksa, namun belum seorang pun ditetapkan tersangka dan dicegah bepergian ke luar negeri.

Sampai kini, sejak disidik awal Maret 2023 baru 4 tersangka ditetapkan pemilik dan atau pengelola Tol MBZ, Subkontraktor dan Konsultan minus Kontraktor.

Empat tersangka Skandal Tol MBZ alias Japek II, terdiri Direktur PT. Bukaka Teknik Utama yang ditetapkan pada Selasa (19/9). Sempat mengajukan praperadilan di PN. Jakarta Selatan, namun ditolak pada Kamis (19/10).

Lainnya, yang dijadikan tersangka pada Rabu (13/9), Eks. Dirut PT. Jasamarga Jalanlayang Cikampek (anak usaha PT. Jasa Marga) Djoko Dwijono) dan Yudhi Mahyudin (Ketua Panitia Lelang PT. Jasamarga Jalanlayang Cikampek).

Terakhir, Toni Budianto Sihite (Staf Tenaga Ahli Jembatan PT. LAPI Ganeshatama Consulting).

Selain itu, J selaku Anggota Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Tol Japek Elevated periode 2015 -2019 pada Kementerian PUPR juga ikut masuk dalam daftar pemeriksaan penyidik. Pemeriksaan jajaran kedua institusi menambah deretan panjang pada pihak yang sudah diperiksa.

Untuk jajaran kontraktor yang sudah diperiksa, adalah Dirut Acset Indonusa Jeffrey Gunadi Chandra Wijaya pada Senin (16/10). Namun, usai pemeriksaan kedua setelah yang pertama dalam kapasitas Wakil Ketua KSO Waskita Acset Pekerjaan Pembangunan Jalan Layang Cikampek, Rabu (5/4) status Jeffrey yang menjabat Periode 2017 – 2020 masih saksi dan juga tidak dicegah ke luar negeri.

Kini, jabatan Dirut Acset diduduki Idot Supriadi (2023 – 2025). Sebelumnya, kompatriot Jeffrey, yakni I Gusti Ngurah Putra yang menjabat April 2018 – Juli 2020 diperiksa pada Rabu (11/10). Lainnya, Nyoman Wirya Adnyana (Direktur Operasi II WSKT), Kamis (12/10).

Berikutnya, KNN (Karyawan Kontrak PT. Acset Indonesia selalu Civil Site Engineering, Proyek Tol Japek II Elevated KSO Waskita Acset), Rabu (5/4).

Serta, M (Quantity Surveyor Officer pada Divisi Infrastruktur 2 pada PT. WSKT) dan SBN selaku Karyawan PT. WSKT (Site Administrator Manager Proyek Tol Japek II Elevated).

Sementara dari KKJTJ Tol Japek Elevates II, antara lain BS (Periode 2015-2019) dan DR (Periode 2015-2017).

Lalu, Dirjen Bina Marga secara ex-officio Ketua Komisi KKJTJ) yang dibentuk November 2011 juga ikut diperiksa.

Dirjen Bina Marga dimaksud berinisial IK yang menjabat periode 2017 – 2019, namun, dari laman PUPR. Go.id Dirjen Bina Marga saat itu Sugiyartanto yang sudah diperiksa, Selasa (5/9).

Sugiyartanto menggantikan Arie Setiadi Moerwanto, ke belakang lagi Hediyanto W. Husaini mengantikan Djoko Muryanto periode 2010 – 2015. Terakhir, adalah Hedy Rahadian.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Santri Habib Rizieq Disiram Air Panas Seniornya Sendiri, Kasus Ditangani Polres Bogor

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Juru bicara Habib Rizieq Shihab, Aziz...

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru