Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jumlah Penghulu di Indonesia Kurang, Ada yang Melayani Lebih dari Satu KUA

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kemenag (Kementerian Agama) berharap usulan penetapan formasi jabatan fungsional penghulu, bisa segera ditetapkan KemenPAN-RB. Hal tersebut diperlukan, karena Kemenag masih sangat kekurangan tenaga fungsional penghulu.

Menurut Direktur Bina Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah, Zainal Mustamin saat ini ketersediaan jabatan fungsional secara nasional hanya 9.054 penghulu. Padahal, kebutuhan secara nasional saat ini mencapai 16.263 orang.

“Dilihat dari kebutuhan bisa dibilang saat ini kami memang darurat penghulu,” kata Zainal dalam keterangan yang dikutip Holopis.com dari laman Kemenag, Rabu (6/9).

“Apalagi, penghulu yang akan pensiun hingga tahun 2027 sangat banyak, mencapai 2.383 orang,” sambungnya.

Kondisi tersebut cukup memprihatinkan, apalagi ada penghulu yang melayani lebih dari satu KUA kecamatan.

“Karena faktanya selain banyak yang pensiun, penghulu kita juga banyak yang wafat terutama pada saat pandemi COVID-19 yang lalu,” terang Zainal.

Oleh karena itu, Zainal mengatakan pihaknya akan terus berupaya memenuhi kebutuhan jumlah penghulu. Ia menambahkan, di tahun 2023 ada tambahan sebanyak 950 penghulu dari jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Insya Allah tahun depan akan ada lagi penerimaan penghulu jalur PPPK. Kami berharap mereka yang berminat harus mempersiapkan diri dari sekarang,” lanjutnya.

Zainal berharap Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi segera menetapkan formasi jabatan fungsional penghulu yang telah diusulkan.

“Karena kalau formasi belum juga ditetapkan tahun ini, maka akan ada 180 penghulu yang akan pensiun tahun 2024,” ungkapnya.

Baca selengkapnya di halaman kedua.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru