Senin, 30 September 2024
Senin, 30 September 2024
NewsEkobizJokowi Rayu Bos-bos Jepang, Sebut Investasi di RI Sangat Menjanjikan

Jokowi Rayu Bos-bos Jepang, Sebut Investasi di RI Sangat Menjanjikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan pertemuan bersama para bos perusahaan Jepang di sela agenda KTT G7 yang berlangsung kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengajak bos-bos Jepang untuk menanamkan modalnya alias berinvestasi di sektor-sektor prioritas, mulai dari hilirisasi industri, transisi energi, serta pembangunan IKN.

Jokowi pun menjamin, jika investasi di Indonesia akan sangat menjanjikan bagi mereka.

“Bapak Presiden mengatakan bahwa berinvestasi di Indonesia sangat menjanjikan. Terdapat komitmen kuat dari pemerintah untuk terus meningkatkan iklim investasi dan daya saing,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi saat memaparkan agenda Jokowi di Hiroshima, Jepang yang dikutip Holopis.com, Senin (22/5).

Jokowi lantas memamerkan kondisi ekonomi di Indonesia yang terbilang masih sangat kuat di tengah ketidakpastian ekonomi global yang terjadi saat ini. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi salah satu jaminan investasi ke Indonesia sangat menjanjikan.

Retno mengatakan, bahwa Jokowi saat kala itu memaparkan proyeksi IMF terhadap perekonomian Indonesia yang pada tahun ini masih bisa tumbuh 5 persen, dan untuk tahun depan mencapai 5,1 persen.

IMF menyebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia jauh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia dan, bahkan negara-negara anggota G20.

“Bapak Presiden menyampaikan beberapa hal, salah satunya adalah di tengah ketidakpastian ekonomi dunia, ekonomi Indonesia termasuk salah satu yang bertahan,” ungkap Jokowi.

Dari pertemuan Jokowi dengan bos-bos perusahaan Jepang itu membuahkan lima MoU antara Otorita IKN dengan JICA, JBIC, JIBH, JCODE, dan UR Japan.

Selain itu, ada juga 24 komitmen investasi letter of intent (LOI) dari perusahaan Jepang untuk investasi ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

BBN Airlines Indonesia Resmi Mengudara Layani Penumpang di Indonesia

BBN Airlines Indonesia akan meramaikan dunia penerbangan Indonesia, dengan membuka layanan komersial untuk melayani penumpang mulai 27 September 2024.

Pemerintah Kaji Penerapan Pita Cukai Digital

Pemerintah melalui Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah mengkaji terkait rencana penerapan pita cukai digital sebagai pengganti pita cukai konvensional.

Harga Beras RI Disebut Paling Mahal se-ASEAN, Bapanas Minta Masyarakat Tak Terprovokasi

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi meminta masyarakat tidak terprovokasi soal harga beras Indonesia yang disebut menjadi paling mahal dibandingkan dengan negara-negara di kawasan ASEAN.

Bapanas Anggap Isu Harga Beras Paling Mahal Se-ASEAN Cuma Jebakan

Harga beras di Indonesia disebut paling mahal di ASEAN. Pasalnya, perbedaan harga beras di Indonesia dengan negara ASEAN lainnya mencapai 20 persen.