HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tak hanya nikmat untuk disantap dan menu sarapan yang satu ini juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, oatmeal juga dapat digunakan untuk mandi. Bahkan memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu melembabkan kulit dan mengatasi masalah kulit lainnya.

Namun, oatmeal yang digunakan untuk mandi berbeda jenis dengan oatmeal untuk konsumsi. Jenis oatmeal yang digunakan untuk mandi adalah oatmeal koloid, mengandung vitamin E, asam ferulat, avent hamides, dan senyawa lainnya yang berfungsi menyehatkan kulit.

Mandi dengan oatmeal ini juga aman bagi segala usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih manfaat mandi oatmeal, seperti yang dikutip Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Selasa (25/4).

1. Melembapkan Kulit
Untuk mendapatkan kulit yang lembab, selain menggunakan krim dan lotion secara rutin, anda juga dapat mandi dengan oatmeal. Kandungan pati, beta-glukan, dan polisakarida dalam oatmeal berperan mengunci kelembaban kulit. Sehingga, kulit tampak lebih sehat dan lembab, serta cegah munculnya masalah pada kulit.

2. Mengurangi Rasa Gatal pada Kulit
Rasa gatal karena kelainan kulit akibat gigitan serangga, terbakar sinar matahari, reaksi alergi, ketombe, cradle cap, ruam popok, eksim, psoriasis, dan herpes zoster membuat tidak nyaman. Oleh karena itu, anda dapat mengurangi rasa gatalnya dengan mandi oatmeal.

3. Mengurangi Reaksi Histamin
Histamin adalah zat kimia yang diproduksi oleh tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi. Mandi oatmeal dapat mengurangi reaksi histamin yang disebabkan oleh alergi pada kulit, dengan kata lain mandi oatmeal dapat menjadi obat alergi alami.

4. Mempertahankan pH Kulit
Beberapa faktor seperti polusi udara, penggunaan make up dan produk antibakteri, paparan deterjen, serta paparan sinar matahari dapat merusak keseimbangan pH alami pada kulit wajah. Normalnya, kulit memiliki pH alami sekitar 5,7, maka untuk mempertahankannya dan mencegah terjadinya kerusakan anda dapat mandi oatmeal dengan rutin. Hal ini karena, oatmeal diketahui memiliki pH menyerupai pH kulit, sehingga dapat digunakan guna menjaga pH kulit tetap normal.

Selain manfaat yang telah dijabarkan sebelumnya, adapun manfaat lain dari oatmeal yaitu mengurangi penggunaan obat kortikosteroid bagi penderita dermatitis atopik, serta membantu atasi infeksi kulit yang disebabkan oleh virus moluskum kontagiosum. Untuk penggunaannya sendiri, pastikan oatmeal yang dibeli tidak mengandung perasa, gula, garam, maupun bahan kimia lainnya.

Giling halus hingga menjadi bubuk oatmeal yang akan digunakan dengan blender, siapkan bak mandi yang telah diisi air hangat, kemudian taburkan oatmeal yang telah dihaluskan sebanyak 1-1,5 cangkir (untuk orang dewasa) atau sepertiga cangkir (untuk bayi).

Setelah itu, berendamlah dalam air tersebut selama 15 sampai 20 menit jangan terlalu lama karena dapat menghilangkan kelembaban kulit, lalu keringkan tubuh dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk perlu diingat untuk tidak menggosok kulit dengan handuk karena dapat mengiritasi, dan langkah yang terakhir yaitu segera gunakan pelembab kulit setelah mandi oatmeal.