Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Sukhoi Su-35 Berfungsi Untuk Pertahanan, Pengintaian dan Penyerangan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sukhoi Su-35 merupakan pesawat tempur multifungsi yang dapat menjelajah langit dengan kecepatan melebihi kecepatan suara atau supersonik. Dengan julukan Flanker E yang diberikan oleh NATO, Sukhoi ini merupakan versi penyempurnaan dari jet tempur generasi empat sebelumnya (Su-57) tetapi sudah memiliki fitur layaknya pesawat tempur generasi lima.

Su-35 disebut mampu melesat dengan kecepatan maksimum hingga 2.390 km/jam. Jet tempur ini memiliki tiga fungsi yakni pertahanan, pengintaian, dan penyerangan. Kecanggihan teknologi jet tempur asal Rusia ini juga tidak perlu dipertanyakan lagi karena telah digunakan selama operasi di Suriah oleh militer Rusia.

Dilengkapi dengan sistem kontrol radar baru dengan antena array bertahap (Irbis-E), Sukhoi jenis ini mampu mendeteksi dan melacak 30 target udara, mendeteksi target pada jarak lebih dari 400 kilometer dan mampu menembak delapan sasaran sekaligus dengan misil udara-udara aktif, atau dua target dengan misil udara-udara semi-aktif.

Selain itu, kecanggihan lainnya dari radar Irbis ini yaitu kemampuannya untuk mengunci empat target darat dan menembak dua target sekaligus.

Pesawat Tempur
Sukhoi Su-35.

Kemampuan tersebut bahkan dapat dilakukan tanpa meninggalkan monitor ruang udara yang artinya radar dapat memonitor dan melacak target di udara dan di darat yang telah diidentifikasi sebelumnya seraya mencari target lainnya secara bersamaan.

Selain Irbis, jet tempur ini juga dilengkapi dengan Infra-Red Sighting and Tracking (IRST) yang berfungsi untuk mendeteksi target secara pasif melalui panas yang dipancarkan oleh target tersebut.

Dengan varian IRST OLS-35, jet tempur ini mampu mendeteksi target udara melalui panas yang dipancarkannya dengan jarak 50 km saat berhadap-hadapan dan 90 km di kuadran belakang. Tidak hanya itu, kemampuan lainnya dari IRST yang dimiliki oleh Su-35 yakni kemampuan untuk memonitor dan mengikuti empat target udara yang berbeda.

Sebagai pesawat multiperan, Su-35 memiliki kemampuan untuk membawa persenjataan yang cukup banyak saat sekali angkut. Jet tempur ini juga dilengkapi dengan tujuh jenis misil seperti R-27ER, E-27ET, R-73, Kh-29T, Kh-31P, Kh-59M, Kh-35U, 4 jenis roket, dan 4 jenis bom berbeda.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru