HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ulama Besar Indonesia Quraish Shihab mengatakan bahwa siapapun yang merasa ia sanggup melakukan poligami, berarti ia sombong dan merasa sudah sama kualitasnya dengan Nabi Muhammad SAW.

Hal tersebut diungkapkan Quraish Shihab saat berbincang dengan putrinya, jurnalis Najwa Shihab di kanal Youtubenya seperti dikutip, Kamis (1/9).

“Kalau Mufti Mesir itu anggapnya sombong, angkuh merasa dirinya sama sama Nabi. Kalau mau sama dengan nabi kawini janda-janda tua,” kata Quraish Shihab.

Quraish menekankan, bahwa jangan menjadikan pernikahan Nabi sebagai alasan untuk melakukan hal yang sama seperti poligami.

Menurut Quraish, justru itu adalah keputusan yang kurang memahami agama. Tak hanya itu, Najwa Shihab juga menanyakan fenomena menikah muda demi menghindari perzinahan. Quraish pun mengumpamakan fenomena tersebut seperti mengobati penyakit dengan penyakit.

“Menikah di usia muda dengan alasan menghindari perzinahan, justru mengakibatkan penyakit yang bisa lebih parah daripada perzinahan,” katanya.

Cara menangani yang tepat kata ayah dari Najwa Shihab tersebut adalah dengan memberikan pendidikan, pemeliharaan, serta fungsi agama yang bisa membentenginya dari perzinahan.

Para netizen pun memberi pujian kepada ajaran Quraish yang dinilai menghangatkan dan memberikan insight baru terhadap pola pikir.

“Andai bapakku berpikiran kaya Abi Qurasih, mungkin aku gak akan manggung trauma segini,” tulis @ivecrushonyou21

“Panutan sekali,” sahut @skyhyzs

“Orang kalau belajar agamanya bener ya kayak gini modelannya,” tulis @vidliev