BerandaNewsRagamBMKG Sebut Potensi Karhutla 2024 Bakal Terjadi di Periode Ini

BMKG Sebut Potensi Karhutla 2024 Bakal Terjadi di Periode Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menyebut potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), khususnya di provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) akan terjadi pada Juli hingga September 2024.

“Bulan Juli hingga September 2024, secara historis terjadi puncak Karhutla di Provinsi Kalbar dan umumnya di provinsi lain yang memiliki kerentanan terhadap Karhutla,” kata Dwikorita dalam keterangan resminya, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (30/6).

Berdasarkan Data Pemantau Air Lahan Gambut (SIPALAGA) dari Badan Restorasi gambut dan Mangrove (BRGM), sebagian besar lahan gambut di Kalbar sudah mengering, dengan ketinggian air dalam tanah di bawah 40 cm.

“Ketinggian muka air tanah gambut ini sangat rendah dan menunjukkan status rawan (Karhutla),” terang Dwikorita.

Penerbit Iklan Google Adsense

Oleh karena itu, BMKG bersama sstakeholder menggelar Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) sebagai upaya mencegah Karhutla terjadi di Kalbar. Musababnya, jika Karhutla terjadi dan meluas maka dampak negatif yang dihasilkan akan sangat buruk bagi masyarakat luas.

“Berdasarkan data Sipongi KLHK, tahun 2023 terindikasi lahan terbakar di Kalbar mencapai 111.848 hektar. Tentunya ini sangat luas dan OMC akan berupaya untuk memitigasi agar tidak terulang kejadian serupa,” jelas Dwikorita.

Plt Deputi Bidang Modifikasi Cuaca BMKG, Tri Handoko Seto menjelaskan, bahwa pihaknya telah menyiapkan 13 ton NaCI Powder yang akan disemai di langit Kalbar hingga 5 Juli 2024.

“Target penyemaian diutamakan di daerah rawan Karhutla yakni lahan gambut di wilayah Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sambas, Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, dan Kabupaten Sanggau,” ujar Seto.

Seto menjelaskan berdasarkan analisis BMKG wilayah Kalbar termasuk ke area Non-ZOM dan dari prakiraan sifat hujan pada Juni dan Juli diprakirakan normal dan bawah normal untuk Kabupaten Kubu Raya.

“Sehingga dikhawatirkan akan terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut sebagaimana terjadi di tahun sebelumnya,” katanya.

Meskipun begitu, Seto menegaskan pihaknya secara berkala akan terus melakukan pemantauan titik panas di wilayah Kalbar untuk memitigasi terjadinya bencana Karhutla.

Dia pun berharap lahan gambut akan kembali basah dengan adanya OMC ini. Diharapkan pula muka air di lahan gambut tersebut dapat meningkat, sehingga tidak rawan terbakar.

“Harapan dari kegiatan OMC ini adalah terjaganya kebasahan lahan gambut di wilayah Provinsi Kalbar sehingga lahan gambut akan sulit terbakar ketika memasuki puncak musim kemarau,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

4 Kejadian Penembakan Pejabat Amerika Serikat yang Terbesar Sepanjang Sejarah

Insiden penembakan Donald Trump saat kampanye di Pennsylvania mengagetkan banyak pihak. Momen itu menunjkkan bahwa tim penjaga sekelas mantan presiden negara adikuasa juga bisa lengah terhadap serangan-serangan di hadapan publik.

Sri Mulyani Beri Kode Perpisahan : I’m Gone!

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memberikan kode-kode perpisahan sebelum meninggalkan jabatannya sebagai Bendahara Negara, yang diketahui akan berakhir pada bulan Oktober 2024 mendatang.

Gelar Long March Bagi Palestina, Wakil Gubernur Sumbar Dukung Munas Ke 10 Forum Zakat

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy memberi dukungan terhadap Musyawarah Nasional ke-10 Forum Zakat pada "Long March untuk Palestina" pada hari Minggu, 14 Juli 2024.

Munas Forum Zakat Bakal Jadi Gerakan Zakat Songsong Indonesia Emas 2045, Dibuka Wapres

Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan segera digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024) mendatang. Rencananya, Wakil Presiden RI K.H Ma'ruf Amin akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ pada Selasa, 16 Juli 2024 mendatang.

Selamat Ulang Tahun Tanjiro Kamado! Tokoh Utama Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Penggemar merayakannya dengan membagikan karya seni penggemar, membuat video spesial, dan mengadakan acara baik online maupun offline.

Gerr! Acara Malam Final ‘Copas’ Comedy Kipaskipas Sukses Bikin Penonton Ketawa Ngakak

Lomba StandUp Comedy bertajuk “COPAS (Comedy KipasKipas)” ini sendiri merupakan sebuah ajang pencarian bakat yang mencari bintang tersembunyi di dunia Comedy.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS