BerandaNewsEkobizIHSG Menguat, Rupiah Jadi Paling Perkasa di Asia

IHSG Menguat, Rupiah Jadi Paling Perkasa di Asia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu ditutup menguat 0,13 persen di level 6.889,16 pada akhir perdagangan awal pekan ini, Senin 24 Juni 2024. 

Padahal diketahui, indeks bursa saham Indonesia itu sempat melemah pada perdagangan Senin pagi, yang turut diikuti sejumlah bursa di Asia. 

Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin menyebut, pergerakan IHSG yang berbalik menguat pada hari ini merupakan imbas isu batalnya perang dagang antara China dan Uni Eropa.

“Sejauh ini, kabar tersebut menjadi kabar baik bagi pasar keuangan di tengah minimnya agenda ekonomi penting,” kata Gunawan dalam analisisnya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (24/6) petang.

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain soal IHSG, nilai tukar mata uang Rupiah yang beberapa waktu lalu melamah level 16.470 per dolar AS, kini kembali menguat. Adapun mata uang Garuda itu ditutup menguat di level 16.390 per dolar AS.

Penguatan rupiah pada perdagangan hari ini pun menjadi salah satu penguatan mata uang yang terbaik dari sejumlah mata uang negara lain di kawasan Asia. 

“Ada banyak faktor penguatan Rupiah, namun saya menilai yang paling dominan dikarenakan oleh Bank Indonesia yang aktif di pasar,” kata dia.

Rupiah bergerak sangat volatile pada perdagangan hari ini dan penguatan mata uang Garuda juga tidak hanya terjadi pada pasar keuangan di tanah air. Di pasar NDF offshore, Rupiah  terpantau mengalami penguatan di bawah 16.400 per dolar AS.

Sementara itu, harga emas ditransaksikan relatif stabil dengan kecenderungan menguat dibandingkan perdagangan pagi. Harga emas ditransaksikan di kisaran level USD 2.324 per ons troy, atau menguat dibandingkan dengan sesi perdagangan pagi.

“Belum ada sentimen besar yang mampu mendorong laju penguatan harga emas selanjutnya. Harga emas diproyeksikan masih akan berjalan di tempat hingga ada sentimen fundamental lain,” kata dia.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

5 Peluang Usaha Menjanjikan di Masa Depan, Berani Coba?

Di era digital yang penuh dengan perubahan dan kemajuan teknologi, peluang usaha baru terus bermunculan bagaikan jamur di musim hujan.

Sri Mulyani : Tanpa Pajak, Indonesia Tak Mungkin Jadi Negara Maju

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pesan penting terkait peran pajak bagi keberlangsungan bangsa dan negara.

Pemerintah Bentuk Satgas Penurunan Harga Tiket Pesawat

Pemerintah telah resmi membentuk satuan tugas (satgas) penurunan harga tiket pesawat. Kabar pembentukan satgas tersebut sebagaimana disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Luhut Bongkar Biang Kerok Harga Tiket Pesawat Mahal

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap penyebab mahalnya tiket pesawat di Indonesia yang selama ini banyak dikeluhkan publik.

Waduh! Ada Camilan Anak Ilegal Asal China, Pemerintah Diminta Segera Ambil Tindakan

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Pemerintah Indonesia untuk segera mengambil tindakan tegas, menyusul adanya temuan kasus peredaran camilan anak asal China ilegal beberapa waktu terakhir.

Sri Mulyani Pamer Penerimaan Pajak RI Naik Signifikan : Tahun 1983 Hanya Rp 13 Triliun

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memamerkan capaian penerimaan pajak Indonesia yang terus mengalami kenaikan dari masa ke masa. Hal itu disampaikan Sri Mulyani saat memberikan sambutan di acara Spectaxcular, Minggu (14/7).
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS