Rabu, 19 Juni 2024
BerandaNewsOlahragaDjohar Arifin Minta Supporter Klub Dikelola Agar Tidak Ricuh

Djohar Arifin Minta Supporter Klub Dikelola Agar Tidak Ricuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kerusuhan supporter sepakbola di Indonesia sebelumnya sempat mencuat kembali dalam momen laga final Championship Series Liga 1 beberapa waktu lalu, Djohar Arifin Husin selaku Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi X yang sekaligus mantan Ketua Umum PSSI periode 2011-2015, menyoroti betul hal itu. Bahkan beliau mengharapkan adanya pengelolaan supporter yang lebih baik lagi di Indonesia agar kericuhan itu bisa dihindari.

Sebelumnya diketahui, bahwa sempat ada kericuhan antar supporter menjelang pertandingan final leg kedua Championship Series Liga 1 antara Madura United vs Persib Bandung di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, pada Jumat (31/5) lalu.

Hal itu kemudian menjadi perhatian publik, mengingat kerusuhan supporter merupakan salah satu pekerjaan PSSI yang hingga kini masih belum terselesaikan.

Meski pun PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir berkembang lebih baik lagi, namun permasalahan itu nampaknya jadi PR yang panjang dan butuh waktu untuk diselesaikan secara seksama.

Penerbit Iklan Google Adsense

Terkait hal itu, Djohar Arifin yang memang mengerti betul mengenai sepakbola dan dinamikanya di masyarakat Indonesia, berharap bahwa supporter sepatutnya bisa dikoordinir, dan bisa dikelola dengan lebih baik lagi, entah itu melalui pendidikan, pelatihan-pelatihan dan lain sebagainya.

“Ya (kericuhan supporter) ini memang kita harus cermati ya, memang cinta semangat mendukung timjnya bagi kita tuh luar biasa. Kalau timnya main, misalnya tim A, itu seluruh masyarakat tim A itu udah membela tim A, apapun yang terjadi, mereka membela tim itu. Dan tim B seperti itu juga. Ini yang harus ada juga pendidikan, penjelasan-penjelasan, pelatihan-pelatihan, agar mereka tuh tau, mana saja yang boleh dilakukan oleh supporter,” ungkap Djohar Arifin kepada Holopis.com.

“Jadi kita latih lah, kita tau sekarang, klub-klub maju tuh di Inggris, Eropa, itu kerusuhan sudah jauh, karena mereka juga sudah tahu, levelnya sudah lain, kecintaan klubnya itu memang luar biasa, tapi untuk merusak tuh, mereka sudah tidak lagi kesitu. Sedangkan ini lah yang terjadi pada penonton kita. Dia (supporter) harus sadar, ini lah dia, timku memang menang, tapi tak selamanya tim kita tuh terus menang, kalau dia lagi down atau tim lawan lebih bagus, kita harus bisa mengakui,” tambahnya.

“Ya memang kita sudah berjuang, pemain kita sudah mati-matian mempertahankan, tapi apa boleh buat lawan lebih baik, nah itu harus tertanam (di supporter kita),” lanjutnya.

“Oleh karena itu lah, perlunya organisasi-organisasi, masa untuk pendukung. Jadi supporter ini harus organisasi, ada yang mengkoordinir, ada yang mengontrol, sehingga nanti mereka tau, apa saja yang boleh dikerjakan oleh supporter, kalau dia bertandang, ataupun dia sebagai tuan rumah. Alangkah bangganya kalau tuan rumah tuh bisa melayani tamunya, datang ribuan tapi nyaman. ya mereka silahkan datang, silahkan juga pulang,” tegasnya.

Kemudian, Djohar Arifin pun menyampaikan bahwa sepatutnya harus ada yang ditanamkan kepada para supporter mengenai fanatisme mendukung sebuah klub.

“Nah ini yang harus ditanamkan, memang tidak mudah, karena fanatic kita ini luar biasa ya, dari dulu kita tanamkan, bela negeriku, bela bangsaku, dan bela kampungku. nah ini ini yang harus di luruskan. ini tidak mudah memang, tapi harus ada bimbingan bimbingan, oleh karena itu organisasi-organisasi supporter ini harus dibina, harus dibantu,” ujarnya lagi.

“Jadi PSSI Indonesia besar, harus membantu, punya hubungan baik lah. Sehingga mereka akan mendapatkan kenikmatan sebagai supporter yang bisa bekerja sama,” sambungnya.

Ada pun Djohar Arifin berharap kepada PSSI untuk tetap berjalan bersama organisasi-organisasi supporter.

“Jadi pembinaan organisasi ini harus didukung ya, jadi jangan dilepaskan. Saya harap PSSI tidak melepaskan organisasi-organisasi supporter ini, mereka hanya merangkul mereka, bagaimana terus makin banyak dukungan, makin berkualitas dukungannya, makin disiplin lah mereka,” imbuhnya.

Penerbit Iklan MGID
Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Link Live Streaming Jerman vs Hungaria di Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Link live streaming Jerman vs Hungaria untuk round ke-2 Grup A Euro 2024 tersedia di artikel ini, berikut selengkapnya. Sebelum lebih lanjut,...

Jerman vs Hungaria : Head to Head dan Prediksi Susunan Pemain

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Duel Jerman vs Hungaria akan tersaji di laga pembuka round ke-2 Grup A Euro 2024. Berikut head to head dan prediksi...

Jadwal Euro 2024 Malam Ini : Jerman dan Kroasia Main

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fase Grup Euro 2024 memasuki round ke-2, seluruh laga di Grup A dan sebagian pertandingan di Grup B akan tersaji kembali....
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono Jateng 1

HOLOPIS FEEDS