KPU Minta Masyarakat Ikut Awasi Perhitungan Suara di TPS

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk hadir dan menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing pada hari pemungutan suara yang digelar Rabu (14/2) besok.

Hasyim pun mengajak seluruh rakyat untuk memantau secara langsung proses penghitungan suara yang biasanya dilakukan setelah agenda pencoblosan selesai, yakni setelah pukul 13.00 WIB.

Dia menekankan, partisipasi rakyat dalam pemantauan penghitungan suara merupakan salah satu upaya untuk menjaga integritas pelaksanaan pemilu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Dalam rangka menjaga penghitungan suara berjalan sesuai prosedur, aturan dan juga ikut serta menjaga integritas penghitungan suara,” kata Hasyim dalam pidatonya menjelang Pemilu 2024 yang dikutip Holopis.com, Selasa (13/2).

Dia menuturkan, bahwa dokumentasi saat proses pemungutan diperbolehkan. Bahkan dianjurkan untuk melakukan hal tersebut, dan siapa pun juga dapat mendokumentasikan penghitungan suara di TPS.

“Ini dalam rangka menjaga akuntabilitas, transparansi dan integritas pemilu,” ucap Hasyim.

Lebih lanjut, Hasyim lantas mengingatkan rakyat untuk memastikan sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebelum memilih. Salah satu caranya yakni dengan mengecek di laman KPU, yakni di laman www.cekdptonline.kpu.go.id.

“Begitu kita akses, kemudian kita masukan nomor induk kependudukan (NIK), nanti akan muncul informasi, nama kita, terdaftar di TPS nomor berapa, dan di kelurahan/desa mana sesuai dengan alamat KTP kita masing-masing,” bebernya.

Di TPS, lanjut Hasyim, akan disediakan DPT, DPT tambahan untuk mencatat pemilih yang pindah memilih dan daftar pemilih khusus (DPK), untuk mencatat pemilih yang belum terdaftar di DPT.

“Setelah dimasukkan NIK, belum muncul nama, pemilih tetap dapat dilayani dengan cara menggunakan daftar pemilih khusus, yaitu pemilih datang, hadir ke TPS-TPS sesuai dengan alamat KTP masing-masing. Jadi pemilih masuk dalam kategori DPK yang belum terdaftar dalam DPT, masih dapat menggunakan hak pilihnya di TPS sesuai dengan alamat di KTP,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

DPR Belum Terima Surpres Penggantian Ketua KPU, Jokowi : Proses Administrasi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) membantah pihaknya menghambat untuk segera mengeluarkan surat presiden (surpres) pergantian Ketua KPU.

Ingat! Caleg Terpilih Belum Lapor Harta Kekayaan Tak Akan Dilantik

Calon anggota legislatif (caleg) terpilih di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak akan dilantik, apabila belum menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sah, Jokowi Pecat Hasyim Asy’ari Dengan Tidak Hormat

Presiden Jokowi (Joko Widodo) dipastikan telah menandatangani keputusan presiden (keppres) pemberhentian Hasyim Asy'ari sebagai anggota KPU.

Mardani Mengaku DPR Tertampar Usai Dikritik Mahfud MD

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi sikap kritis yang dilakukan oleh mantan Menko Polhukam Mahfud MD, yakni terkait dengan kondisi Komisioner KPU saat ini.

Afifuddin Ogah Mundur Meski Dikritik Mahfud MD

Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menanggapi kritik yang dilontarkan Mahfud MD usai pemberhentian Hasyim Asy'ari sebagai ketua oleh DKPP RI.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Kunci Gitar New Feeling – Pamungkas Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pamungkas, penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "New Feeling". Lagu ini dirilis...