BerandaPolhukamPilpresGibran Rakabuming Segera Tindaklanjuti Putusan DKPP

Gibran Rakabuming Segera Tindaklanjuti Putusan DKPP

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka merespon putusan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) terhadap KPU.

Wali Kota Solo itu pun sebatas menjawab singkat bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti putusan DKPP yang dianggap berkaitan dengan dirinya.

“Ya nanti kami tindaklanjuti,” kata Gibran dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Senin (5/2).

Sebelumnya diberitakan, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengabulkan pengaduan Pelanggaran Etik Penyelenggara Pemilu yang diajukan oleh Tim Pembela Demokrasi 2.0 (TPDI Jilid 2).

Pengaduan ini diajukan oleh 3 orang aktivis demokrasi: Petrus Hariyanto, Firman Tendry Masengi dan Azwar Furgudyama terkait tahapan dan proses pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden dalam Pemilu Tahun 2024.

Ketua DKPP Heddy Lugito yang membacakan putusan didampingi oleh J. Kristiadi dan I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Dalam amarnya, DKPP menyatakan mengabulkan pengaduan sebagian dan menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir selaku ketua dan anggota serta semua anggota KPU.

“Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir kepada Hasyim Asy’ari selaku teradu satu, selaku ketua merangkap Anggota Komisi Pemilihan Umum berlaku sejak keputusan ini dibacakan,” kata Heddy di Jakarta, Senin (5/2).

DKPP menyatakan Ketua KPU dan enam anggotanya, yaitu ; Yulianto Sudrajat, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Idham Holik, Muhammad Afifuddin, dan Parsadaan Harahap telah melanggar beberapa pasal dalam Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2027 tentang Kode Etik dan Pedoman Penyelenggara Pemilu.

DKPP menjelaskan pengadu tidak terima karena KPU telah menyalahi prosedur dalam membuat aturan penerimaan calon presiden dan wakil presiden.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0