Sabtu, 22 Juni 2024
BerandaHistoryHari Pasar Modal Indonesia 3 Juni, Begini Sejarah Singkatnya

Hari Pasar Modal Indonesia 3 Juni, Begini Sejarah Singkatnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Pasar Modal Indonesia diperingati oleh masyarakat Indonesia pada tanggal 3 Juni setiap tahunnya. Seperti halnya pasar pada umumnya, Pasar Modal merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual.

Adapun komoditas yang diperdagangkan yakni saham, sehingga pasar modal juga dapat diartikan sebagai tempat bertemunya perusahaan yang membutuhkan dana dari masyarakat untuk pengembangan usaha dan lain-lain dengan masyarakat yang hendak menginvestasikan dana.

Sejarah Hari Pasar Modal Indonesia

Kehadiran pasar modal di Indonesia sendiri sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka, yakni sejak jaman kolonial Belanda dan tepatnya pada tahun 1912 di Batavia.

Penerbit Iklan Google Adsense

Kala itu, pasar modal didirikan oleh pemerintah Hidia Belanda untuk kepentingan perdagangan kolonial atau VOC. Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan dan pertumbuhan pasar modal tidak seperti yang diharapkan.

Bahkan, kegiatan pasar modal atau bursa efek sempat vakum selama beberapa tahun. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti perang dunia ke I dan II, perpindahan kekuasaan dan lain sebagainya.

Setelah beberapa tahun vakum, Pemerintah Republik Indonesia yang telah mengambil kekuasaan dari tangan pemerintah Hindia Belanda memutuskan untuk mengaktifkan kembali pasar modal pada 3 Juni 1952.

Oleh karenanya, sejak saat itu pada 3 juni ditetapkan sebagai Hari Pasar Modal Indonesia. Pasar modal yang sekarang ini dikenal sebagai Bursa Efek Indonesia terus mengalami perkembangan, seiring dengan regulsi dan berbagai insentif yang diberikan pemerintah.

Peran Pasar Modal

Pasar Modal memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian sebuah negara. Sebab, besarnya volume transaksi di Pasar Modal Indonesia, dapat menjadi cerminan tingkat kepercayaan investor dalam berinvestasi di perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Tentu saja kepercayaan tersebut harus terus dibangun dengan kinerja perusahaan dan kebijakan Pemerintah yang dapat menjamin iklim investasi yang aman dan stabil.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

HUT Kota Jakarta ke-497 : Ini Tema hingga Rangkaian Acaranya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta diperingati pada 22 Juni di setiap tahunnya dan kali ini merupakan HUT ke-497. Seperti dikutip Holopis.com...

Hari Yoga Internasional Sadarkan Masyarakat Lakukan Aktivitas Sehat

Hari Yoga Internasional diperingati setiap tanggal 21 Juni, sebagai ajakan untuk untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia tentang banyak manfaat berlatih yoga.

Kalian Suka Pakai Parfum? Tahu Gak Asal Muasalnya Gimana? Simak Sejarahnya!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemakaian parfum nampaknya sudah jadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar orang di dunia. Bahkan, pemakaian parfum tersebut kerap juga dikaitkan dengan...

Hari Demam Berdarah ASEAN, 15 Juni : Simak Tema dan Ciri-ciri Gejala yang Perlu Diwaspadai

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN atau ASEAN Dengue Day diperingati pada 15 Juni di setiap tahunnya. Ada pun hari besar tersebut...

Sejarah Flashdisk, Kalian Harus Terima Kasih Sama Pria Asal Jepang Ini!

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang banyak digunakan hingga saat ini. Dengan bentuknya yang sederhana namun bisa memuat banyak data, flashdisk jadi salah satu andalan untuk menyimpan sebuah file apa pun yang terdapat di komputer.

Sejarah Keyboard Komputer, Simak Baik-baik ya!

Keyboard merupakan salah satu perangkat keras (hardware) komputer yang berfungsi untuk mengetik informasi beserta instruksi perintah di komputer itu sendiri.

HOLOPIS FEEDS