Sabtu, 22 Juni 2024
BerandaNewsRagamDitjen Imigrasi Cabut Rekomendasi Pembuatan Paspor Jemaah Umrah dan Haji Khusus, Kemenag...

Ditjen Imigrasi Cabut Rekomendasi Pembuatan Paspor Jemaah Umrah dan Haji Khusus, Kemenag : Alhamdulillah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menyambut baik keputusan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi yang akhirnya mencabut syarat rekomendasi untuk pengurusan paspor umrah dan haji khusus.

Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie mengatakan, bahwa rekomendasi dari pihaknya dalam pembuatan paspor memang dinilai tidak perlu, karena malah menyulitkan jemaah.

“Pihak Imigrasi dulu meminta Kemenag atas alasan pengawasan untuk terbitkan rekomendasi dalam proses penerbitan paspor jemaah umrah dan haji khusus. Kebijakan Ditjen Imigrasi ini memang cukup mempersulit,” ujar Anna dalam keterangan pers yang diterima Holopis.com, Minggu (5/3).

Anna pun menyampaikan bahwa pihaknya sangat bersyukur karena kebijakan tersebut akhirnya dicabut oleh Ditjen Imigrasi.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Alhamdulillah, Ditjen Imigrasi akhirnya tak persulit lagi jemaah umrah dan haji khusus dalam pembuatan paspor,” ucapnya.

Anna menuturkan, bahwa kebijakan berupa syarat rekomendasi Kemenag untuk pembuatan paspor itu mulai diberlakukan oleh Ditjen Imigrasi, selaku pihak yang menerbitkan paspor pada tahun 2017 lalu.

Saat itu sekitar awal Maret 2017, kata Anna, Ditjen Imigrasi bersurat ke Kemenag, meminta adanya persyaratan tambahan berupa rekomendasi dari Kemenag dalam proses pengurusan paspor jemaah umrah dan haji khusus.

“Karena sudah dicabut, nantinya jemaah umrah dan haji khusus sudah tidak perlu lagi meminta rekomendasi Kemenag. Kita dukung Ditjen Imigrasi tidak lagi persulit jemaah,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Ratusan Warga di Polewali Mandar Terdampak Bencana Longsor

Bencana longsor melanda pemukiman warga di wilayah Kecamatan Tu'ubi Taramanu, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat

Sejumlah Daerah di Gorontalo Kompak Direndam Banjir

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga yang tersebar di sejumlah wilayah di Provinsi Gorontalo.

Dua Orang di Deli Serdang Meninggal Diterjang Angin Puting Beliung

Bencana angin puting beliung melanda pemukiman warga yang tersebar di lima Kecamatan wilayah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Berburu Makanan Peranakan di Food Court Mal Ciputra Jakarta

Mal Ciputra Jakarta bersama Jangkrik Kuliner, kembali menggelar Food Destination dengan tema Peranakan Food Festival. Acara ini merupakan tema ketiga yang dihadirkan, sebelumnya ada Little China dan Kuliner Nusantara.

Cuaca Jabodetabek Hari Ini Full Cerah, Cek Selengkapnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca Jabodetabek pada hari ini, Sabtu 22 Juni 2024.

Ini Kumpulan Twibbon HUT Kota Jakarta ke-497

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta diperingati pada 22 Juni di setiap tahunnya. Sobat Holopis pun bisa ikut serta memeriahkan HUT...

HOLOPIS FEEDS